MA NURUSSYAHID BANTARJATI SIAPKAN GENERASI JUJUR DAN BERBUDI LUHUR SETIA KAWAN DAN SUKA MEMAAFKAN
BAB II
TUJUAN, VISI
DAN MISI MADRASAH
A. Tujuan
Pendidikan Nasional Jenjang Menengah
Tujuan pendidikan
nasional jenjang menengahdalam Undang-Undang
Nomor 20 Tahun 2003pasal 3 menyebutkan :
Pendidikan
nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban
bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan
untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan
bertakwa kepada Tuhan Yang Mahaesa, berakhlak mulia, sehat,
berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis
serta bertanggung jawab.
Oleh karena itu, lebih khusus lagi tujuan pendidikan menengah adalah
meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta
keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.
B. Visi
Madrasah dan Indikator Visi
Terwujudnya Generasi yang Berilmu,Beramal, berakhlakMulia
dan Berjiwa Visioner
|
2.
Indikator visi
Indikator
dari visi Madrasah Aliyah Swasta (MANUSA) Nurussyahid Kertajati Majalengka adalah:
a. Berilmu: peserta didik di MAS Nurussyahid Kertajati menguasai ilmu pengetahuan yang
tidak hanya sekedar ilmu teoritis tetapi lebih mengutamakan pada aplikasi dan
pengamalannya demi kebaikan dirinya dan kemaslahatan umat.
b. Beramal: Peserta didik diMAS Nurussyahid Kertajati hendaknya lebih mengedepankan
amal yang dilandasi oleh dasar keilmuan dan profesionalisme.
c. Berakhlak Mulia : Peserta didik di MAS Nurussyahid
Kertajati diharapkan menjadi generasi yang mampu menerapkan buah dari ilmu
yaitu dengan membiasakan berakhlak mulia (Pribadi sopan dan rendah hati) baik
di Lingkungan Madrasah atau pun di lingkungan masyarakat pada umumnya.
d. Visioner :Peserta didik di MAS Nurussyahid Kertajati diharapkan menjadi generasi
yang mampu menjawab tantangan zaman khususnya di Kecamatan Kertajati Majalengka
dengan adanya Program Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) dengan berperan
aktif di setiap kegiatan.
Kempat hal tersebut, berilmu, beramal
serta berjiwa visioner, merupakan visi yang dilaksanakan secara sejalan dan konsisten.
Keempatnya tidak dipisahkan.
C.
Misi Madrasah
Untuk memberi
arah dalam mewujudkan visi madrasahdan merupakan tujuan yang akan dicapai dalam
kurun waktu tertentu, maka Madrasah memiliki misi yang dirumuskan sebagai
berikut:
1.
Mengadakan kegiatan
pembelajaran yang bermutu
2.
Membiasakan
pola hidup ilmiah
3.
Membiasakan
pola hidup Islami
4.
Mematuhi dan melaksanakan
peraturan madrasah.
5.
Mendukung setiap potensi kesejahteraan madrasah secara holistik.
D. Tujuan Madrasah
Dengan
mengacu pada visi dan misi yang telah dirumuskan dan untuk menggambarkan
tingkat kualitas yang dapat dicapai dalam jangka 3-4 tahun, maka pendidikan Madrasah
Aliyah Swasta Nurussyahid Kertajati memiliki
tujuan sebagai berikut:
1.
Meningkatkan
bimbingan keilmuan dan keagamaan peserta didik.
2.
Terciptanya
tradisi penggalian keilmuan dan keagamaan.
3.
Menigkatkan skill keagamaan dan keilmuan.
4.
Penataan
kelembagaan, meliputi :
a.
Meningkatkan
komitmen seluruh unsur madrasah terhadap pencapaian visi dan
misi.
b.
Memperbaiki
sistem kinerja untuk meningkatkan kualitas pelayanan.
c.
Peningkatan
kenyamanan lingkungan Madrasah.
d.
Menerapkan
standar pelayanan minimal Madrasah.
e.
Pembenahan
administrasi pada setiap unit kegiatan.
5.
Peningkatan
Mutu Pembelajaran
a.
Tertib dalam
perencanaan, efektif dalam pelaksanaan, serta tepat dalam pemberdayaan kegiatan
pembelajaran.
b.
Turut aktif dalam musyawarah guru mata pelajaran sebagai
salah satu wahana meningkatkan wawasan guru.
c.
Melakukan
kegiatan terpadu supervisi klinis antara guru mata pelajaran.
d.
Menumbuhkan
keunggulan kompetitif secara kreatif.
e.
Mengembangkan
muatan lokal dalam upaya memberikan bekal kepada peserta didik untuk terjun di
masyarakat.
6.
Peningkatan
Kualitas Pendidik
a.
Peningkatan
kemampuan profesi pendidik
b.
Pelaksanaan
supervisi untuk memperbaiki kualitas proses belajar mengajar.
c.
Pengembangan
wawasan kependidikan melalui seminar, lokakarya, diskusi-diskusi.
7.
Bidang Kesiswaan dan
Keagamaan
a.
Menerapkan
disiplin kepada peserta didik pada saat jam masuk dan jam pulang.
b.
Memberdayakan
organisasi kesiswaan termasuk ekstrakurikuler.
c.
Mengikutsertakan
peserta didik dalam event / lomba dan pertandingan skala global-regional.
d.
Mengadakan
peringatan hari-hari besar keagamaan dan hari besar nasional.
e.
Membiasakan
kehidupan yang islami dalam lingkungan Madrasah.
f.
Mengadakan tadarus setiap hari sebelum pelajaran
dimulai.
8.
Bidang Humas
dan Sarana Prasarana
a.
Menjalin
komunikasi yang harmonis dengan masyarakat, instansi perusahaan untuk
meningkatkan citra positif madrasah.
b.
Mengadakan
silaturahmi dan lomba / pertandingan antar SMP/MTs untuk mencari umpan balik dan masukan dari raw
input.
c.
Melengkapi
sarana dan prasarana edukatif guna memenuhi standar pelayanan menimal madrasah.
d.
Menciptakan
suasana yang kondusif bagi kegiatan proses belajar mengajar dan suasana Islami di lingkungan Madrasah.
E.
Rencana Stategis ( Renstra ) MAS Nurussyahid Kertajati
1. Umum
BagianpokokdariRencanaStrategis Madrasah
Aliyah Swasta Nurussyahid Kertajati Majalengka
akanmenjabarkanarahkebijakandanstrategiMadrasah Aliyah Swasta Nurussyahid
Kertajati yang
sesuaidengandelapanstandarpendidikan, yang selanjutnyaakandijabarkandalambentuk
program, hasil jangka menengah (outcomes) yang hendak dicapai, indikator
untuk mengukur keberhasilan pencapaian hasil (outcomes), kegiatan
strategis, keluaran (outputs) yang hendak dihasilkan, indikator keluaran
(outputs), strategi implementasi dan pendanaan. RencanaStrategisMadrasah
Aliyah Swasta Nurussyahid (MANUSA)Kertajati Tahun Pelajaran
2018/2019
disusunberdasarkankerangkalogisdanalurberpikirsebagaimanatelahdiuraikantersebut.
Setidaknyaterdapat8
(delapan) halpokok yang menjaditanggungjawab Madrasah Aliyah Swasta Nurussyahid
Kertajati dalampenyelenggaraanpembangunanbidang agama,
yaitu:
1. Peningkatan Kompetensi Lulusan
Standar
Kompetensi Lulusan untuk satuan pendidikan dasar dan menengah digunakan sebagai
pedoman penilaian dalam menentukan kelulusan peserta didik. Standar Kompetensi
Lulusan tersebut meliputi standar kompetensi lulusan minimal satuan pendidikan
dasar dan menengah, standar kompetensi lulusan minimal kelompok mata pelajaran,
dan standar kompetensi lulusan minimal mata pelajaran.
2. PeningkatanStandar Isi
Standar
Isi mencakup lingkup materi minimal dan tingkat kompetensi minimal untuk
mencapai kompetensi lulusan minimal pada jenjang dan jenis pendidikan tertentu.
Standar isi tersebut memuat kerangka dasar dan struktur kurikulum, beban
belajar, kurikulum tingkat satuan pendidikan, dankalenderpendidikan.
3. Peningkatan Standar Proses
Proses
pembelajaran pada satuan pendidikan diselenggarakan secara interaktif,
inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk
berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa,
kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik
serta psikologis peserta didik. Selain itu, dalam proses pembelajaran pendidik
memberikan keteladanan.
4. Peningkatan Standar Pendidikan dan Tenaga Kependidikan
Pendidik
harus memiliki kualifikasi akademik dan kompetensi sebagai agen pembelajaran,
sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan
pendidikan nasional.
5. Peningkatan Standar Sarana dan Prasarana
Setiap
satuan pendidikan wajib memiliki sarana yang meliputi perabot, peralatan
pendidikan, media pendidikan, buku dan sumber belajar lainnya, bahan habis
pakai, serta perlengkapan lain yang diperlukan untuk menunjang proses
pembelajaran yang teratur dan berkelanjutan.
6. Peningkatan Standar Pengelolaan Pendidikan
Standar
Pengelolaan terdiri dari 3 (tiga) bagian, yakni standar pengelolaan oleh satuan
pendidikan, standar pengelolaan oleh Pemerintah Daerah dan
standarpengelolaanolehPemerintah.
7. Peningkatan Standar Pembiayaan Pendidikan
Mengupayakan
adanya Pembiayaan pendidikan terdiri atas biaya investasional, biaya
operasional, dan biaya personal. Biaya investasi satuan pendidikan meliputi biaya
penyediaan sarana dan prasarana, pengembangan sumberdaya manusia, dan modal
kerja tetap. Biaya personal meliputi biaya pendidikan yang harus dikeluarkan
oleh peserta didik untuk bisa mengikuti proses pembelajaran secara teratur dan
berkelanjutan. Biaya operasi satuan pendidikan meliputi semua biaya terkait dengan penyelenggaraan pembelajaran, baik langsung
maupun tidak langsung.
8. Peningkatan Standar Penilaian Pendidikan
Penilaian
pendidikan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah terdiri atas: Penilaian
hasil belajar oleh pendidik, Penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan,
dan Penilaian hasil belajar oleh Pemerintah.
2. Identifikasi Potensi dan Masalah
Perencanaanstrategisberkaitandenganperumusanarahpengembanganmadrasah dimasadepan,
untukmencapaisasaran-sasaranjangkapanjangdanjangkapendek.Perencanaan
strategismencakupidentifikasi potensi yang dimiliki madrasah dan masalah (tantangan) yang
dihadapi madrasah.
1. Identifikasi Potensi
a)
Tingkat pendidikan
pendidik dan tenaga kependidikan cukup
tinggi;
b)
Kualifikasi
pegawai yang mayoritas berbasis keagamaan memberikan ciri khas yang membedakan
Kementerian Agama dengan instansi lain khususnya di bidang SQ;
c)
Kepemimpinan
yang kuat
d)
Kewenangan
tugas dan fungsi organisasi Kementerian yang cukup
e)
Ketersediaan
pedoman kerja yang memadai
2. Faktor
Penentu Keberhasilan
Berikutiniperkiraan
faktor penentu keberhasilan pada MAS Nurussyahid:
a)
Revitalisasi sikap
profesionalisme pendidik dan tenaga kependidikan
b)
StandarKompetensiLulusan yang tinggi
c)
Pencapaian Standar Isi
d)
StandarProses
e)
PemenuhanStandar Pendidik dan Tenaga kependidikan,
f)
Pemenuhan standar sarana dan prasarana,
g)
Pemenuhan standar pengelolaan pendidikan,
h)
Pemenuhan standar pembiayaan pendidikan, dan
i) Pemenuhan standar penilaian pendidikan.
3.
Permasalahan yang Dihadapi
Selainpotensi yang dimiliki, terdapatpermasalahan
yang dihadapi Madrasah Aliyah Swasta
Nurussyahid Kertajati dalammenyelenggarakanpendidikan,yaitumasihterdapatmasyarakat yang
tidakmaumenyekolahkananak-anakmereka yang masihdalamusiasekolah.Halini antara laindikarenakan:
a)
Sebagian
penghasilan orang tuasiswakurangataudalam kata lain siswa yang masuk
ke MAS Nurussyahid
KertajatiMajalengka berasal dari keluarga kurang mampu.
b)
Masih ada
anggapan masyarakat yang memandang sebelah mata terhadap madrasah.
Selain dari lingkungan
masyarakat, juga terdapat faktor dari dalam madrasah
sendiri, diantaranya:
a)
Belum adanya
anggaran yang memadai untuk untuk peningkatan Kesejahteraan baik dari Yayasan
maupun dari Pemerintah
b)
Sarana penunjang KBM masih belum lengkap
c)
Lahan tanah yang dimiliki sangat terbatas,sehingga terdapat hambatan untuk
melakukan pengembangan gedung madrasah.
3. Sasaran Strategis Tahun 2018 – 2021
Dengan mempertimbangkan
kondisi, potensi dan permasalahan yang ada, dan sejalan dengan visi, misi dan
tujuan jangka panjang yang telah ditetapkan, maka Madrasah Aliyah Swasta
Nurussyahid Kertajati menetapkan sasaran strategis yang hendak dicapai dalam
periode 2018-2021
menurut 8 Standar Nasional Pendidikan.
1. Meningkatkan Kualitas Pendidikan Agama
a)
Meningkatkan
aktifitas
pendidikan yang Islami
b)
Meningkatkan
pemahaman peserta didik dalam pendidikan Agama Islam
2. Meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan
a)
Melengkapi
sarana penunjang KBM
b) Meningkatkan SDM tenaga pendidik dan
kependidikan
3. Bidang keterampilan pada
peserta didik
a)
Mengefektifkan
kegiatan program Ketrampilan
b)
Mengadakan
Program Pemagangan dan Praktek Kerja Industri
(Prakerin) Ke Desa-desa se- Kecamatan Kertajati
c)
Menyusun
Buku Sejarah Desa-Desa Se-Kecamatan Kertajati sebagai hasil nyata dari Kegiatan
Prakerin yang dilaksanakan oleh siswa MA Nurussyaid.
4. Kompetensi akademik dan
non akademik
a)
Meningkatkan
kompetensi peserta didik di bidang akademik
b)
Menigkatkan keterampilan peserta didik di bidangn non akademik
5. Bidang Teknologi
Informatika Komunikasi (TIK)
a) Meningkatkan akses jaringan internet di
madrasah
b) Meningkatkan kualitas
SDM guru TIK
4. Indikator Kinerja Utama
IndikatorKinerjaUtamapada
MA Nurussyahid (MANUSA) Desa Bantarjati Kertajati
KabupatenMajalengkaadalahsebagaiberikut
:
NO
|
SASARAN
|
INDIKATOR KINERJA UTAMA
|
SUMBER DATA
|
1
|
Meningkatkan kualitas Pendidikan Agama Islam
|
1.
Aktifitas
pendidikan yang Islami
2.
Pemahaman tinggi peserta didik dalam Pendidikan
Agama Islam
|
Dokumen
Perencanaan dan Anggaran, media masa , daftar nilai
|
2
|
Meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan
|
1. Sarana penunjang KBM yang lengkap
2. SDM pendidik dan tendik tinggi
|
MGMP
|
3
|
Meningkatkan keterampilan pada peserta didik
|
1. Efektifitas Kegiatan Program PPHM
2. Penyelenggaraan program pemagangan
|
|
4
|
Meningkatkan Kompetensi akademik, non akademik
|
1. KBM yang kondusif
2. Kegiatan ekstrakurikuler yang optimal
|
|
5
|
Meningkatkan Teknologi Informatika Komunikasi
|
1. Akses internet yang memadai
2. SDM guru TIK yang
tinggi
|
5. Arah Kebijakan dan Strategi
Arah kebijakan MASNurussyahid untuk tahun 2018 –
2021 adalah sebagai berikut:
1.
Peningkatan Akses dan Mutu Madrasah
Aliyah
Keluaran (outputs) yang
hendak dihasilkan dari kegiatan ini adalah:
a)
Peningkatan
keterjangkauan layanan
pendidikan
b)
Peningkatan
mutu layanan pendidikan
c)
Peningkatan
mutu dan daya saing lulusan
d)
Peningkatan
mutu tata kelola madrasah
Keluaran (outputs)
tersebutdicapai antara lain melaluipenyediaandanpengembangan sarana prasarana madrasah, pemanfaatanteknologi informasi
bagi kegiatan belajar-mengajar dan pengelolaan pendidikan, peningkatan mutu kurikulum dan
bahan ajar,
peningkatan partisipasi masyarakat,
penilaian dan akreditasi madrasah,
peningkatan kualitas manajemen madrasah, serta peningkatan mutu tata kelola pendidikan.
2. Penyediaan Subsidi
Pendidikan Madrasah Bermutu
a)
Memperjuangkan
agar mendapatkan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) secara tetap dari Pemerintah,
b)
Mengusahakan
agar mendapatkan Bantuan siswa Miskin dari Pemerintah
c)
Tersalurkannya
bea siswa bagi siswa miskin.
3. Peningkatan
Mutu dan Kesejahteraan Pendidik dan Tenaga Kependidikan
a)
Peningkatan
profesionalisme pendidik dan tenaga kependidikan
b)
Peningkatan kesejahteraan pendidik dan tenaga kependidikan
Keluaran (outputs)
tersebut dicapai antara lain melalui penyediaan dan peningkatan kualifikasi pendidik dan tenaga kependidikan, penyediaan beasiswa dan bantuan
pendidikan lainnya,
peningkatan kompetensi kepala madrasah, serta penyediaan tunjangan fungsional
dantunjangan profesi.
0 Response to "MODEL KTSP KURIKULUM 2013 REVISI BAB II TUJUAN, VISI DAN MISI MA DRASAH ALIYAH NURUSSYAHID KERTAJATI TAHUN 2018/2019"
Post a Comment