PROGRAM DONASI MOBIL DAKWAH/PENDIDIKAN DAN LAYANAN SOSIAL YAYASAN NURUSSYAHID PADA MASYARAKAT KECAMATAN KERTAJATI MAJALENGKA

KEPEDULIAN ANDA SANGAT BERMAKAN BAGI YANG MEMBUTUHKANNYA
 DAN ATAU LAYANAN PAY PAL KAMI :
Melalui Email: nurussyahid2015@gmail.com

PROGRAM DONASI MOBIL DAKWAH DAN LAYANAN SOSIAL PADA MASYARAKAT 

SEKILAS SEJARAH BERDIRINYA YAYASAN

Berdirinya Yayasan Nurussyahid ini berawal dari kegiatan anak-anak mengaji Al-Qur’an pada waktu sore  hari hingga larut malam semenjak awal tahun 2000 samapai sekarang, pada waktu itu tempat semula adalah sebuah Musholla kecil peninggalan seorang tokoh terkemuka yaitu Mbah Kiyai Syahid, tempat yang kecil itu pada mulanya di huni oleh beberapa anak saja namun lama-kelamaan anak-anak bertambah dari 7 orang anak bertambah menjadi 80 lebih orang anak yang pada akhirnya Musholla tidak lagi dapat menampung anak-anak baik mengaji ataupun menginap.
 
Berangkat dari ketidak tertampungan anak ini, maka diadakanlah pelebaran. Sebelum kegiatan pelebaran tempat, dimulailah dengan rapat orang tua anak santri dengan beberapa orang pengasuh anak-anak. Dan akhirnya Rapat  memutuskan bahwa  orang tua anak dibebani dengan sumbangan yang besarnya Rp 50.000,- (Lima Puluh Ribu Rupiah), namun dikarenakan kebanyakan orang tua anak hampir 80 % tidak mampu ( Miskin) ( Janda tua dan Duda tua), maka pembanguna tempat kegiatan anak-anak itu tidak rampung dikarenakan kekurangan dana. Maka dari saat itu pula Pengelola dan dari beberapa orang tua anak mengadakan pemungutan kepada para agnia dan pengusaha-pengusaha sukses di tempat sekitar. Dan akhirnya setelahnya diadakan pemungutan maka pelaksanaan pembanguna dan pelebaran temapat kegiatan anak-anak itu rampung dan akhirnya masih menyisakan dana sebesar Rp. 500.000,-.

Berawal dari sisa anggaran ini, maka diadakanlah rapat kedua yang inti pembahasannya adalah mengenai pemanfaatan sisa anggaran agar tidak habis dan tidak menjadi barang yang sifatnya kurang bermanfaat, maka diputuskanlah agar sisa anggaran pembanguna itu dipergunakan untuk pembuatan Lembaga Yayasan. Yang pada akhirnya rapat menetapkan agar dibentuk sebuah Lembaga Yayasan yang diberi nama dengan Yayasan Nurussyahid sebagai Tanda Pengenangan atas jasa-jasa Al-Marhum Embah Kiyai Syahid. Dan Yayasan ini bergerak dalam bidang Pendidikan, Sosial, dan Usaha kesejahteraan Masyarakat. Dengan akta notaris nomor 23 tanggal 16 Agustus tahun 2001. Seiring dengan adanya perkembangan regulasi tentang Yayasan, maka Yayasan Nurussyahid di daftarkan ke Kementerian Hukum dan HAM RI melalui Notaris yang sama Ibu CENDRANINGSIH RAHAYU WIBISONO, S.H, M.H dengan dengan Akta No. 21 tanggal 2 Juni 2014 dan No. Kemenhum dan HAM : AHU-02417.50.10.2014 Tanggal 10 Juni 2014.

Demikian sejarah singakt ini dibuat dengan sebenarnya dengan harapan semoga dengan berdirinya Yayasan Nurussyahid ini dapat membantu kegiatan- kegiatan pemerintah pada umumnya dan pengabdian kepada Allah SWT. Khususnya. Semoga bermanfaat adanya demikian dan terima kasih. 

Yayasan Nurussyahid berdiri pada tanggal 16 Agustus tahun 2001 M. Lembaga ini merupakan amal usaha Non Profit, Lembaga Yayasan Nurussyahid berkedudukan di Desa Bantarjati Kecamatan Kertajati Kabupaten Majalengka Provinsi Jawa Barat tepatnya 4 Km dari Kawasan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB). Lembaga ini bergerak dalam bidang Pendidikan, dakwah dan penyantunan anak yatim, anak terlantar dan fakir miskin. Hal ini dilandasi oleh realitas di masyarakat bahwa penanganan terhadap usaha perbaikan moral dan akhlaq bangsa dari waktu ke waktu semakin memerlukan penanganan yang lebih serius.
Sejak berdiri tahun 2001 Yayasan Nurussyahid Bantarjati Kertajati Majalengka  telah berupaya berkhidmat untuk kebaikan ummat Islam khususnya dan bangsa Indonesia secara umum. Diantara bentuk usaha yang telah dilakukan oleh Yayasan Nurussyahid antara lain,
  1. Lembaga Pendidikan PAUD/RA Nurul Hikmah Tahun 2001
  2. Lembaga Pendidikan TPQ/ TKQ Nurussyahid Tahun 2004
  3. Lembaga Pendidikan Madrasah Aliyah Nurussyahid 2013
  4. Pembinaan keagamaan bagi masyarakat di Kecamatan Kertajati dan sekitarnya.
  5. Pembinaan usaha ekonomi produktif masyarakat Dalam Bidang pemberdayaan masyarakat dalam bidang Menjahit
  6. Dan sebagainya.

PERALIHAN DARI DESA PERTANIAN KE KAWASAN BANDARA DAN INDUSTRI

Dengan telah diresmikannya BIJB Kertajati, Majalengka pada tanggal 24 Mei 2018 lalu, Mega proyek yang menjadi kebanggaan rakyat Jawa Barat, khususnya kami masyarakat Kertajati, Majalengka, dengan telah beroperasinya Bandara Internasional Jawa Barat di Kertajati pada tanggal 1 Juli 2019. kiranya kami masyarakat setempat dapat berperan aktif dalam kegiatan tersebut.melalui pembangunan pendidikan dengan penanaman Mental agama islam Ramah pada generasi kedepan.
         
Mengacu pada Perencanaan pembangunan akan tepat mengenai sasaran, terlaksana dengan baik dan bermanfaat hasilnya jika dilaksanakan untuk memenuhi kebutuhan dan kesejahteraan masyarakat. Masyarakat perlu dilibatkan secara langsung bukan karena mobilisasi, melainkan sebagai bentuk partisipasi yang dilandasi kesadaran. Dalam proses pembangunan, masyarakat tidak semata-mata diperlukan sebagai obyek, tetapi lebih sebagai subyek dan aktor atau pelaku. Pentingnya partisipasi masyarakat di dalam pembangunan sangat ditekankan sebagaimana diatur dalam Undang
Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional. 

Dengan adanya program-program partisipatif dengan memberikan kesempatan untuk turut berpartisipasi aktif dalam keterlibatan program pembangunan yang ada di wilayah masyarakat setempat, sehingga masyarakat setempat dapat meningkatkan taraf kesejahteraan secara langsung serta memetik hasilnya. Sehubungan dengan mulai beroperasinya Bandara Internasional Jawa Barat tersebut maka kami dari Yayasan Nurussyahid Kertajati Majalengka, mencoba memberanikan diri untuk turut serta ambil bagian pada kegiatan tersebut tertutama terkait dengan dengan masalah-masalah Sosial, kesejahteraan masyarakat dan terkait dengan pendidikan bagi warga sekitar bandara yang mengalami ketidak kemampuan dalam kegiatan Sosial, keterampilan dan Pendidikan Murah dan berkualitas yang berada di lembaga yang berada di bawah naungan Yayasan Nurussyahid Kertajati  Majalengka.

UPAYA YAYASAN NURUSSYAHID MENANGGULANGI PERALIHAN MASYARAKAT KERTAJATI DARI KEADAN ADANYA BANDARA,

Menyiapkan generasi Muda terdidik pada anak Usia Sekolah untuk dapat Melanjutkan ke Madrasah Aliyah Nurussyahid dengan Tambahan melalui Pendidikan Keterampilan :
- Menjahit
- Bahasa Jepang dan Inggris/ Kesenian
- Las Listrik
- Magang di Desa-desa dan Dunia Industri di Sekitar Kecamatan Kertajati dan Jatitujuh
- Mengenudi Mobil ( Jika ada )
- Santunan Pada anak-anak yatim, yatim Piatu dan Jompo
- Layanan Pendidikan Murah dan Berkualitas
- Layanan Kesejahtraan Sosial Pada masyarakat

 

KENDALA UTAMA KEGIATAN

Dalam kegiatan tersebut Pihak Yayasan harus menyewa kendaraan. Selama ini hanya mengandalkan pinjaman Cuma-Cuma dari beberapa kolega Yayasan. Yang terkadang tidak bisa dipastikan ketersediaan armada jika dalam waktu yang bersamaan digunakan pemilik kendaraan. Padahal program Kegiatan Latihan Mengemudi dan jemputan anak didik yang jauh dan layanan Sosial pada masyarakat ini sangat membutuhkan demi berjalan tujuan mulia yang hendak dicapai.
Oleh karena itu kami membuka program Donasi pembelian Kendaraan Operasional Yayasan guna membantu jalannya berbagai program Yayasan. Terutama dalam bidang dakwah/ Pendidikan dan Layanana Sosial bagi Masyarakat yang membutuhkan.

SPESIFIKASI KENDARAAN

Mobil second hand (bekas) seharga 90 – 160 Juta. Diusahakan mobil tahun 2016 ke atas.
Merk menyesuaikan budget yang terkumpul dari donasi.

RENCANA ANGGARAN BIAYA

Untuk Pembelian kendaraan dan administrasi dianggarkan Rp160.000.000,00 (seratus enam puluh juta rupiah)
NB = jika target tidak terpenuhi maka akan disesuaikan dengan donasi yang masuk,

JANGKA WAKTU DONASI

Donasi ini dibuka tanggal 27 Maret 2020 dan berakhir tanggal 31 Desember 2020.

Kami mengajak bapak ibu untuk beramal jariyah mendukung Kegiatan Dakwah/ Pendidikan dan Layanan Sosial Pada masyarakat Yayasan Nurussyahid Bantarjati Kertajati dengan berpartisipasi dalam Donasi Mobil Dakwah tersebut.

Jazakumullahu Khairan atas bantuan kaum muslimin sekalian, semoga menjadi ladang pahala bagi kita semua. Amin.


Informasi Donasi :
082126685006 = Ustadz Odong Abdurrahman, S.Pd.I, S.Pd
Pimpinan/ Ketua Yayasan

Salurkan donasi anda melalui rekening


Konfirmasi ke nomor : 082126685006

Dg format : MDP#nama#alamat#tgl transfer#nominal donasi

Contoh : MDP#abdullah#jkt#14-12-19#1.000.000,-


Raih pahala dg membantu share ke sahabat anda.

0 Response to "PROGRAM DONASI MOBIL DAKWAH/PENDIDIKAN DAN LAYANAN SOSIAL YAYASAN NURUSSYAHID PADA MASYARAKAT KECAMATAN KERTAJATI MAJALENGKA"

Post a Comment