PREDIKSI 25 BUTIR SOAL DAN JAWABAN FIQIH PADA UAMBNBK BAGIAN KE 2 TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Foto Kegiatan OSIS MA Nurussyahid Kertajati Peserta Gladi Ujian UAMBNBK 2020

PREDIKSI SOAL DAN JAWABAN PELAJARAN FIQIH PADA UJIAN AKHIR MADRASAH BERSTANDAR NASIONAL BERBASIS KOMPUTER (UAMBN-BK)
 BAGIAN KE 2 (DUA) TAHUN 2020 




26. Tuduhan zina yang dilemparkan kepada seseorang harus mendatangkan bukti yang kuat. Apabila tuduhan itu ditujukan untuk istri, maka seorang suami cukup melakukan li’an sekalipun tanpa didampingi saksi lain. Dalil yang tepat untuk  qadzaf yang dilakukan seorang suami adalah ….
  
Jawaban Benar: C
  

27. Halim memiliki seekor sapi betina. Sementara itu ia mengetahui bahwa Hilman memiliki seekor sapi jantan. Kemudian mereka mengawinkan kedua sapi tersebut, dengan perjanjian bahwa pemilik sapi betina akan mendapat anak sapi terlebih dahulu selanjutnya pemilik sapi jantan, begitu seterusnya. Contoh tersebut menunjukkan salah satu sebab kepemilikan, yaitu ....
  1. al-aqad
  2. Ihraz al-mubahat
  3. al-tawallud min al-mamluk
  4. khalafiyah syaiun ‘an syaiin
  5. khalafiyah syakhsun 'an syakhsin

28.  Perhatikan ayat berikut!
آمِنِيْنَ بِسَلاَمٍ اُدْخُلُوْهَا
Bentuk amr pada ayat di atas menunjukkan arti ….
A.    petunjuk
B.    ancaman
C.    menyesal
D.    melemahkan
E.    penghormatan

Ahli waris terdiri dari istri, ibu, seorang anak perempuan, dan dua orang anak laki-laki. Harta peninggalan sebesar Rp 48.000.000, maka bagian warisan seorang anak laki-laki sebesar ….
  1. Rp6.800.000.
  2. Rp10.000.000.
  3. Rp11.333.333.
  4. Rp13.600.000.
  5. Rp22.666.667.

30.  Definisi dari lafaz manthuq adalah ….
A.    lafaz yang menunjukkan suatu hakikat tanpa suatu pembatas
B.    lafaz yang menunjukkan suatu hakikat dengan suatu pembatas
C.    lafaz yang tersurat yang tidak mengandung kemungkinan pengertian ke makna yang lain
D.    lafaz yang memiliki kemungkinan dua makna, salah satunya lebih jelas dari makna yang lain
E.    lafaz yang dapat dipahami maknanya berdasarkan asal mulanya atau setelah dijelaskan olehnya


31. Jual beli merupakan salah satu bentuk dari akad. Ayat di bawah ini yang merupakan dasar akad hukum jual beli adalah ….
  1. وَافْعَلُوا الْخَيْرَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ
  2. فَابْعَثُوْا اَحَدَكُمْ بِوَرِقِكُمْ هَذِهِ اِلَى الْمَدِيْنَةِ
  3. وَتَعَاوَنُوْاعَلَى الْبِرِّوَالتَّقْوَى وَلاَتَعَاوَنُوْاعلَى اْلإِثْمِ وَالْعُدْوَانِ واتَّقُوااللهَ اِنَّ اللهَ شَدِيْدُالْعِقَابِ
  4.  قَالُوْا نَفْقِدُ صُوَاعَ الْمَلِكِ وَلِمَنْ جَاءَ بِهِ حِمْلُ بَعِيْرٍ وَ اَنَا بِهِ زَعِيْمٌ
  5. يَاَايُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا لاَ تَأْكُلُوْا اَمْوَالَكُمْ بَيْنَكُمْ بِالْبَاطِلِ اِلاَّ انْ تَكُوْنَ تِجَارَةً عَنْ تَرَاضٍ مِنْكُمْ

32. Pak Hasan memiliki dua orang istri. Pernikahannya dengan Istri pertama yang bernama Jamilah dikaruniai seorang anak yang bernama Jamil. Jamil dikarunia seorang anak laki-laki yang sudah besar yang bernama Umar. Sedangkan pernikahannya dengan istri kedua yang bernama Husna dikaruniai  seorang anak laki-laki yang bernama Amin dan seorang anak perempuan yang bernama Aminah,. Dua tahun lalu ayah dari pak Hasan yang bernama pak Hammad meninggalkan dunia. Ia meninggalkan seorang anak laki-laki lain yaitu adik dari pak Hasan, yang bernama Husain. Husain memiliki anak laki-laki yang bernama Rofiq. Sedangkan pak Hasan sendiri telah meninggal dunia beberapa bulan yang lalu. Ketika Aminah ingin melangsungkan pernikahan, maka yang berhak menjadi walinya berdasarkan urutan wali adalah ….
A.    Jamil bin Hasan
B.    Umar bin Jamil
C.    Husain bin Hammad
D.    Rofiq bin Husain
E.    Amin bin Hasan


33. Pada bulan Mei 2017, Pak Imron memiliki ternak sapi sebanyak 210 ekor. Pada bulan Juni 2017, diantara  sapi ternaknya ada yang beranak sehingga sapinya bertambah 30 ekor. Pertengahan bulan Desember  2017, sapi ternak tersebut ada yang beranak lagi sehingga bertambah 10 ekor. Pada bulan Juni 2018, Pak Imron ingin mengeluarkan zakat ternak sapi. Jumlah sapi yang dikeluarkannya sebanyak ....
A.    3 ekor sapi berumur 1 tahun dan 4 ekor sapi berumur 2 tahun
B.    3 ekor sapi berumur 1 tahun dan 3 ekor sapi berumur 2 tahun
C.    6 ekor sapi berumur 2 tahun
D.    7 ekor sapi  berumur 1 tahun
E.    7 ekor sapi berumur 1 tahun dan 1 ekor sapi berumur 2 tahun

34. Salah satu kewajiban umat Islam adalah menunaikan zakat, baik itu zakat fitrah maupun zakat mal. Terkait dengan zakat mal, kewajiban ini hanya dibebankan kepada orang kaya yang memiliki harta yang mencapai nisab. Pada masa Rasulullah, jenis harta yang dikenakan kewajiban zakat terbatas. Sedangkan pada masa kini, orang dapat menjadi kaya dari berbagai jenis harta yang diperolehnya. Dari pernyataan ini, hal-hal yang semuanya termasuk dalam kelompok harta yang disebut sebagai zakat kontemporer adalah ….
A.    perikanan, pertanian gandum, dan peternakan ayam
B.    pertambangan emas dan perak, saham dan perusahaan
C.    profesi, tambak udang, dan perkebunan coklat
D.    perkebunan anggur, sawah, dan obligasi
E.    perdagangan, peternakan bebek, dan rikaz


35. Pada suatu peristiwa kebakaran yang menimpa sebuah rumah menewaskan seorang ibu yang bernama Romlah dan dua orang anaknya. Kondisi yang paling mengerikan dialami anak perempuannya yang bernama Atikah. Ia tewas dengan kondisi sudah tidak bisa dikenali lagi, karena seluruh tubuhnya hangus terbakar. Sedang dua korban lainnya, yaitu jenazah bu Romlah dan Adi hanya sebagian tubuhnya yang terbakar. Dengan melihat kondisi ketiga jenazah, maka ketentuan memandikan ketiga jenazah tersebut adalah …
A.    Semua jenazah dimandikan karena kewajiban sesama muslim.
B.    Semua jenazah dapat dimandikan apabila disetujui oleh keluarga.
C.    Hanya jenazah Atikah yang tidak bisa dimandikan. 
D.    Ketiga jenazah tidak dimandikan karena kondisi mereka sebagai korban kebakaran.
E.    Jenazah yang dimandikan hanya jenazah Adi karena jenazah laki-laki bisa mewakili jenazah lain.


36. Allah telah menetapkan kewajiban puasa di bulan Ramadan. Umat Islam harus melaksanakannya selama sebulan penuh. Dilihat dari hal ini, puasa Ramadan termasuk wajib ….
A.   muthlaq
B.  muhaddad
C.   mu’ayyan
D.  mukhayyar
E.   muqayyad

37. Pernikahan mut’ah pernah diperbolehkan sesaat ketika perang, namun akhirnya dilarang karena  melihat adanya dampak negatif yang muncul akibat pernikahan ini. Salah satu dampak negatif tersebut adalah ….
A.    istri tidak mendapatkan mahar sebagaimana mestinya
B.  hak nafkah bagi istri dan anak bisa terabaikan karena pernikahan bersifat sementara waktu
C. kesengsaraan yang dialami istri karena persyaratan pertukaran pasangan sehingga pernikahan dilakukan karena terpaksa
D.  pernikahan dapat dengan mudah terputus kembali karena dilakukan dengan rekayasa mantan suami yang pernah menalak tiga kali
E.  pernikahan tidak akan langgeng karena perbedaan prinsip keyakinan antara kedua pasangan suami istri


38.Saat Rasulullah masih hidup semua hukum selesai ketika disampaikan kepada rasul, baik jawaban rasul berupa ucapan, atau perbuatan atau ketetapan, adapun apabila Rasulullah melihat suatu kejadian  atau beliau mendengar penuturan kejadian tetapi Rasulullah mendiamkan tidak komentar apa-apa. Maka sikap Rasul tersebut dinamakan….
A. bayan qauly
B. Bayan fi’ly
C. Bayan isyarah
D. bayan hammiy
E. bayan taqrir


39. Syirkah adalah kerja sama antara dua orang atau lebih baik di bidang modal maupun jasa. Syirkah terdiri dari empat macam, yaitu sirkah mal, abdan, wujuh dan mufawadhah. Namun ada sebagian ulama yang memasukkan qiradh ke dalam bentuk syirkah yang disebut syirkah mudharabah. Contoh berikut yang merupakan bentuk syirkah  wujuh adalah ….
  1. Beberapa orang tenaga ahli komputer bekerja sama untuk melakukan training kepada para karyawan disuatu perusahaan.
  2. Peternak lele mengajak investor untuk kerjasama memproduksi 50 Kg lele selama 6 bulan. Sesuai kesepakatan peternek lele dan investor sama-sama menyetorkan modal Rp. 20 Juta. Dan pembagian nisbah keuntungan sebesar 30% bagi investor dan 70% bagi peternak lele.
  3. Dua orang nelayan yang sama-sama pergi melaut dalam sebuah perahu. Sebelum melaut mereka menyepakati bagi hasil atas keuntungan pendapatan hasil tanggkapan mereka.
  4. Seorang investor melakukan kerja sama dengan dua orang ahli teknik sipil untuk usaha properti. Dua orang ahli teknik sipil ini juga melakukan para pekerja bangunan, untuk mengerjakan proyek. Mereka juga melakukan kerja sama dengan dengan pemilik toko bangunan.
  5. Bank Muamalah memberikan pinjaman modal kepada pengusaha mebel dengan perjanjian bagi hasil pihak bank memperoleh 35 % dan pihak pengusaha memperoleh 65 %.


40.Allah murka kepada orang atau kelompok orang yang membuat keonaran di masyarakat dengan melakukan tindak kriminal berupa perampokan. Oleh karena itu pelaku  perampokan(hirabah) akan dikenakan sanksi sesuai dengan ketentuan Allah. Salah satu hukuman bagi perampok adalah hukuman pengasingan atau penjara. Hukuman ini akan dikenakan bagi ….
  1. seseorang yang pergi dengan niat untuk mengambil harta secara terang-terangan dan mengadakan intimidasi, namun ia tidak jadi mengambil harta dan tidak membunuh korban
  2. seseorang yang pergi dengan niat untuk mengambil harta secara sembunyi-sembunyi dan kemudian mengambil harta dan tidak sempat melukai korban
  3. seseorang yang berangkat dengan niat untuk mengambil harta dengan terang terangan dan kemudian mengambil harta tersebut tetapi tidak membunuh.
  4. seseorang yang berangkat dengan niat merampok, kemudian membunuh tapi tidak mengambil harta korban.
  5. seseorang yang berangkat untuk merampok kemudian ia mengambil harta dan membunuh pemiliknya.

41.  Perhatikan kasus berikut!
H. MUHTAR memiliki sebidang tanah seluas 450 m2 dengan sebuah toko diatasnya.  Tanah tersebut berada di Jalan Siliwangi No. 50 Cicurug Kabupaten Cibadak.  Dalam keadaan sakit (lumpuh) beberapa waktu sebelum meninggal th 1992, Muhtar menghibahkan tanah berikut toko itu kepada Endang Suarna dan Saudara-saudaranya.  Penghibahan yang dicatat dalam sebuah surat itu disaksikan oleh M. Sya'rawi Baesusi dan Istri Endang Suarna. Surat hibah itu ditandatangani oleh H. Muhtar, Endang dan saksi Sya'rawi.  Meskipun mempunyai 10 orang anak kandung; Muhtar tidak memberitahukan penghibahan toko itu kepada anak-anaknya maupun ahliwaris lainnya.  Sehingga setelah Muhtar meninggal, tanah dan toko yang telah dihibahkan pada Endang Suarna tetap dikuasai anak-anak kandung Muhtar.  Endang bersama Endah, Entang dan Hadijah (Penerima Hibah) dari Muhtar berkali-kali meminta agar anak-anak Muhtar menyerahkan tanah dan toko itu.  Tapi berkali-kali pula anak-anak Muhtar menolak. Akhirnya kesabaran Endang CS habis.  Digugatnya 10 orang anak Muhtar tersebut di Pengadilan Agama Cibadak. Pada  akhirnya Pengadilan Agama memenangkan gugatan penggugat. Alasan hakim mengabulkan gugatan penggugat adalah ....
  1. penghibahan tanah tersebut akhirnya disetujui oleh 10 orang anak H. Muhtar
  2. adanya keterangan M. Sya'rawi Baesusi dan Istri Endang Suarna dan surat hibah yang dipandang sah
  3. 10 orang anak H. Muhtar tidak mempermasalahkan penghibahan tanah tersebut
  4. hibah yang diberikan H Muhtar dipandang sebagai hibah maridh al maut atau semacam wasiat
  5. luas tanah yang dihibahkan tidak seberapa dibanding kekayaan H Muhtar lainnya yang akan diterima ahli waris

42.Setiap perbuatan seorang mukallaf ada hukumnya di sisi Allah. Suatu perbuatan yang diberi pahala karena meninggalkannya dan tidak berdosa karena mengerjakannya, disebut ….
A.    wajib
B.    sunnah
C.    haram
D.    makruh
E.     mubah


43. Kurban dan akikah merupakan ibadah mahdhah yang perintahkan kepada umat Nabi Muhammad. Kedua bentuk ibadah ini memiliki persamaan dan perbedaan apabila dilihat dari beberapa sisi. Adapun persamaan kedua bentuk ibadah ini dapat dilihat dari sisi ….
A.    hukum pelaksanaannya
B.    waktu pelaksanaannya 
C.    cara pembagian dagingnya 
D.    tujuan pelaksanaanya 
E.    tempat pelaksanaannya


44. Salah satu sebab putusnya perkawinan adalah khulu’  atau permintaan cerai dari pihak istri. Hal-hal di bawah ini berkaitan dengan permintaan cerai dari pihak istri, kecuali ....
A.    istri mengembalikan mahar
B.    suami memberikan mut’ah (pemberian)
C.    istri membayar iwadh (tebusan)
D.    suami mengabulkan permintaan cerai dari pihak istri
E.    termasuk salah satu jenis thalaq bain shughra


45. Diperbolehkannya jasa toilet umum tanpa ada kepastian berapa lama dan berapa banyak air yang digunakan dengan imbalan jasa pembayaran tariff yang telah ditentukan.  Pernyataan di atas merupakan contoh istihsan yang dilakukan dengan cara ….
A.    menggunakan nas yang khusus
B.    pengecualian terhadap hukum kull
C.    memandang tradisi yang berlaku
D.    pengecualian dengan alasan darurat
E.     perpindahan dari qiyas jali ke qiyas khafi


46.Merokok dilarang berdasarkan ayat yang melarang bersikap mubazir dan ayat yang melarang menjatuhkan diri dalam kebinasaan. Pernyataan tersebut merupakan contoh dari qiyas  ....
A.    adna
B.    khafi
C.    syabh
D.    musawi
E.     aulawi


47.Ibadah haji harus dilakukan sesuai ketentuan syariat. Jamaah haji harus mengetahui rukun dan wajib haji serta waktu pelaksanaannya.  Setelah wukuf di padang Arafah, jamaah haji melaksanakan ....
A.    ihram dari miqat
B.    mabit di Mina
C.    mabit di Muzdalifah
D.    melontar jumrah Aqabah
E.     thawaf ifadhah


48. Hilma melahirkan seorang anak perempuan. Tepat di hari ke tujuh kelahiran putrinya itu adalah ‘Idul Adha. Seekor kambing telah disiapkan seminggu sebelum kelahiran. Dalam kondisi demikian, ibadah yang akan dilaksanakan oleh keluarga Hilma adalah ....
A. akikah, karena hukum akikah lebih tinggi dari hukum kurban
B. akikah, karena kurban dapat dilaksanakan tahun depan
C. kurban, karena pahala kurban lebih banyak dari pahala akikah
D. kurban, karena waktunya tepat ibadah kurban, akikah bisa ditunda tahun depan
E. melaksanakan akikah sekaligus berniat kurban

49. Apabila ada seorang menggunakan air sisa minuman burung buas dengan menganalogikan bahwa mulut burung buas berbeda dengan mulut binatang buas. Mulut burung berupa paruh, sedangkan mulut binatang buas berupa daging. Pernyataan di atas merupakan contoh istihsan yang dilakukan dengan cara ….
A.    menggunakan nas yang khusus
B.    pengecualian terhadap hukum kulli
C.    pengecualian dengan alasan darurat
D.   perpindahan dari qiyas jali ke qiyas khafi
E.    memandang tradisi yang berlaku di suatu tempat


50. Asma meminjam setrika Ismi. Pada saat akan dikembalikan, setrika tersebut jatuh hingga rusak. Asma menggantikan  setrika Ismi, walaupun di awal akad peminjaman tidak ada pernyataan harus diganti kalau rusak. Oleh karena itu, setrika yang rusak menjadi milik Asma, sedang  setrika baru tersebut menjadi milik Ismi. Konsep kepemilikan ini berdasarkan ….
A.    ‘aqd
B.    khalafiyah
C.    ihya al-mawat
D.    ihraz al-mubahat
E.    al-tawallud min al-mamluuk


0 Response to "PREDIKSI 25 BUTIR SOAL DAN JAWABAN FIQIH PADA UAMBNBK BAGIAN KE 2 TAHUN PELAJARAN 2019/2020"

Post a Comment