Keterampilan Bahasa Jepang Yang terus akan dikembangkan di MA Nurussyahid Kertajati BIJB
Keterampilan Abad 21
Kawan-Kawan semuanya mari kita simak tulisan Penuh dari Para Dosen Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung yaitu Fakultas MIPA Jurusan Fisika (KH. Saeful Karim dkk) dalam Tulisan yang berbentuk Power Poin terkait dengan "Keterampilan abad 21" dengan isi dari tulisannya adalah sebagai berikut:
6C DALAM KURTILAS
1) COMMUNICATION
2) COLLABORATION
3) CRITICAL THINKING
4) CREATIVITY
5) COMPUTATIONAL THINKING
6) COMPASSION
1. COMMUNICATION
KEGIATAN
MENTRANSFER SEBUAH INFORMASI BAIK SECARA LISAN MAUPUN TULISAN DALAM DUA ARAH
2. COLLABORATION
GURU DAN SISWA BEKERJA SAMA , SALING BERSINERGI ,
BERADAPTASI DALAM BERBAGAI PERAN DAN TANGGUNG JAWAB, BAIK DI KELAS MAUPUN DI
LUAR KELAS, DAN DI SEMUA KEGIATAN SEKOLAH
3. CRITICAL THINKING
BAGAIMANA MEMBERIKAN
KESEMPATAN PADA PESERTA DIDIK UNTUK MENGEMBANGKAN PENDAPATNYA
BERDASARKAN IMAJINASINYA. TUGAS GURU HANYA MENGARAHKAN PADA FAKTA, NORMA
SOSIAL, DAN AGAMA , SERTA MENCARI PROBLEM SOLVING PADA BANYAK MASALAH YANG
TERJADI DI MASYARAKAT
4. CREATIVITY
KEMAMPUAN YANG HARUS DIKEMBANGKAN DAN DIMILIKI OLEH PARA
SISWA UNTUK MENGEMBANGKAN, MELAKSANAKAN, DAN MENYAMPAIKAN GAGASAN-GAGASAN BARU DARI SUDUT PANDANG YANG BERBEDA SERTA
BISA MENERIMA PERBEDAAN DAYA KREATIVTAS
ORANG LAIN
5. COMPUTATIONAL THINKING
• MEMAHAMI
MASALAH DI SEKITAR PESERTA DIDIK UNTUK MENCARI SOLUSI LEBIH CEPAT DAN TEPAT
MELALUI TEKNOLOGI INFORMASI.
•TAHUN
2021 SUDAH MULAI DITERAPKAN AKM (ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM) PENGGANTI UNAS
• STEM,
STEAM, HOTS
6. COMPASSION
• MENEKANKAN
PENTINGNYA :”THE MAN BEHIND THE GUN”.
• APAKAH
GURU BISA DIGANTIKAN DENGAN ROBOT? GOOGLE?
• PESERTA
DIDIK HARUS MEMILIKI KASIH SAYANG DAN HATI NURANI UNTUK PEMBENTUKAN KARAKTER
PESERTA DIDIK.
INDIKATOR BERPIKIR KRITIS
• Critical
Thinking Ability 1: Mengintegrasikan pengetahuan yang saling bertentangan ke dalam kesimpulan yang terpadu
• Critical
Thinking Ability 2: Merancang sebuah percobaan guna menjawab
setiap keraguan dalam pengetahuan tertentu
• Critical
Thinking Ability 3: Memperkirakan interpretasi lain dari
pengetahuan tertentu
INDIKATOR BERPIKIR KREATIF
• Kemampuan
berpikir lancar (fluency), technical product, thinking : Mencetuskan
gagasan, jawaban, penyelesaian masalah atau pertanyaan secara lengkap dan
sesuai konsep
• Kemampuan
berpikir luwes (flexibility), thinking, science knowlodge : Menghasilkan
gagasan, jawaban, atau pertanyaan yang bervariasi
• Kemampuan
berpikir orisinil (originality), technical product, imagination: Melahirkan gagasan,
pertanyaan, ungkapan yang baru & uni
PERGESERAN YANG DIPERLUKAN
DALAM PEMBELAJARAN
PENILAIAN CAPAIAN PEMBELAJARAN ABAD 21
• Lebih
Berbasis Kinerja
• Menggunakan
Sumber Informasi Yang Beragam
• Fokus
pada Akuntabilitas dan Umpan Balik Yang
Produktif
• Memenuhi
Kriteria penilaian Yang Baik (Adil, Valid, Reliabel, Komprehensif, dan
Mendidik)
0 Response to "KEMAMPUAN KETERAMPILAN PADA ABAD 21 DALAM DUNIA PENDIDIKAN YANG HARUS DIKEMBANGKAN (DALAM RANGKA MENYIAPKAN SUMBERDAYA MANUSIA YANG MEMILIKI DAYA SAING)"
Post a Comment