KEMAMPUAN KETERAMPILAN PADA ABAD 21 DALAM DUNIA PENDIDIKAN YANG HARUS DIKEMBANGKAN (DALAM RANGKA MENYIAPKAN SUMBERDAYA MANUSIA YANG MEMILIKI DAYA SAING)

Keterampilan Bahasa Jepang Yang terus akan dikembangkan di MA Nurussyahid Kertajati BIJB

Keterampilan Abad 21 
Kawan-Kawan semuanya mari kita simak tulisan Penuh dari Para Dosen Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung yaitu Fakultas MIPA Jurusan Fisika (KH. Saeful Karim dkk) dalam Tulisan yang berbentuk Power Poin  terkait dengan "Keterampilan abad 21" dengan isi dari tulisannya adalah sebagai berikut:


6C DALAM KURTILAS      
1)   COMMUNICATION
2)   COLLABORATION
3)   CRITICAL THINKING
4)   CREATIVITY
5)   COMPUTATIONAL THINKING
6)   COMPASSION


1. COMMUNICATION
KEGIATAN MENTRANSFER SEBUAH INFORMASI BAIK SECARA LISAN   MAUPUN TULISAN DALAM DUA ARAH

2. COLLABORATION
GURU DAN SISWA BEKERJA SAMA , SALING BERSINERGI , BERADAPTASI DALAM BERBAGAI PERAN DAN TANGGUNG JAWAB, BAIK DI KELAS MAUPUN DI LUAR KELAS, DAN DI SEMUA KEGIATAN SEKOLAH

3. CRITICAL THINKING
BAGAIMANA MEMBERIKAN  KESEMPATAN PADA PESERTA DIDIK UNTUK MENGEMBANGKAN PENDAPATNYA BERDASARKAN IMAJINASINYA. TUGAS GURU HANYA MENGARAHKAN PADA FAKTA, NORMA SOSIAL, DAN AGAMA , SERTA MENCARI PROBLEM SOLVING PADA BANYAK MASALAH YANG TERJADI DI MASYARAKAT

4. CREATIVITY
KEMAMPUAN YANG HARUS DIKEMBANGKAN DAN DIMILIKI OLEH PARA SISWA UNTUK MENGEMBANGKAN, MELAKSANAKAN, DAN MENYAMPAIKAN GAGASAN-GAGASAN  BARU DARI SUDUT PANDANG YANG BERBEDA SERTA BISA MENERIMA PERBEDAAN DAYA KREATIVTAS  ORANG LAIN

5. COMPUTATIONAL THINKING
    MEMAHAMI MASALAH DI SEKITAR PESERTA DIDIK UNTUK MENCARI SOLUSI LEBIH CEPAT DAN TEPAT MELALUI TEKNOLOGI INFORMASI.
TAHUN 2021 SUDAH MULAI DITERAPKAN AKM (ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM) PENGGANTI UNAS
    STEM, STEAM, HOTS

6. COMPASSION
      MENEKANKAN PENTINGNYA :”THE MAN BEHIND THE GUN”.
      APAKAH GURU BISA DIGANTIKAN DENGAN ROBOT? GOOGLE?
      PESERTA DIDIK HARUS MEMILIKI KASIH SAYANG DAN HATI NURANI UNTUK PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK.





INDIKATOR BERPIKIR KRITIS
   Critical Thinking Ability 1: Mengintegrasikan pengetahuan yang saling bertentangan ke dalam kesimpulan yang terpadu
   Critical Thinking Ability 2: Merancang sebuah percobaan guna menjawab setiap keraguan dalam pengetahuan tertentu
Critical Thinking Ability 3: Memperkirakan interpretasi lain dari pengetahuan tertentu

INDIKATOR BERPIKIR KREATIF
   Kemampuan berpikir lancar (fluency), technical product, thinking : Mencetuskan gagasan, jawaban, penyelesaian masalah atau pertanyaan secara lengkap dan sesuai konsep
      Kemampuan berpikir luwes (flexibility), thinking, science knowlodge : Menghasilkan gagasan, jawaban, atau pertanyaan yang bervariasi
Kemampuan berpikir orisinil (originality), technical product, imagination: Melahirkan gagasan, pertanyaan, ungkapan yang baru & uni



PERGESERAN YANG DIPERLUKAN DALAM PEMBELAJARAN


PENILAIAN CAPAIAN PEMBELAJARAN ABAD 21
      Lebih Berbasis Kinerja
      Menggunakan Sumber Informasi Yang Beragam
      Fokus pada Akuntabilitas  dan Umpan Balik Yang Produktif
      Memenuhi Kriteria penilaian Yang Baik (Adil, Valid, Reliabel, Komprehensif, dan Mendidik)







0 Response to "KEMAMPUAN KETERAMPILAN PADA ABAD 21 DALAM DUNIA PENDIDIKAN YANG HARUS DIKEMBANGKAN (DALAM RANGKA MENYIAPKAN SUMBERDAYA MANUSIA YANG MEMILIKI DAYA SAING)"

Post a Comment