Laporan Akhir Kegiatan Magng MA Nurussyahid Bantarjati Kertajati Di Kantor Kecamatan Jatitujuh Majalengka ( Laporan Lengkap)

KECAMATAN JATITUJUH SIAP MENJADI PENYANGGAH BERDIDINYA BIJB KERTAJATI
SEMOGA KECAMATAN JATITUJUH SUKSES DAN BERKAH SELALU
, AAMIIN YAA ALLAH
Foto Anak didik MA Nurussyahid Kertajati saat perpisahan kegiatan Magang di Kantor Kecamatan Jatitujuh-Majalengka, Terima Kasih pak Camat Jatitujuh atas kerjasamanya semoga sukses selalu.

BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Pelaksanaan praktik kerja industri (prakerin) adalah sebuah pelatihan dan pembelajaran yang dilaksanakan di Dunia Usaha atau Dunia Industri yang relevan dengan kompetensi keahlian yang dimilikinya masing masing, dalam upaya meningkatkan mutu Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan juga menambah bekal untuk masa masa mendatang guna memasuki dunia kerja yang semakin banyak serta ketat dalam persaingannya seperti saat ini, selain itu dengan pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, banyak peralatan baru yang diciptakan guna menunjang banyaknya permintaan produksi barang atau jasa yang menimbulkan perubahan mendasar untuk mendapat pekerjaan, sehingga tenaga kerja dituntut bukan hanya memiliki kemampuan teknis belaka, tetapi juga harus lebih fleksibel dan berwawasan lebih luas, inovatif serta didukung dengan keterampilan yang kompeten, maka dengan adanya kegiatan prakerin siswa dan siswi dapat mengasah dan juga megimplementasikan materi yang didapatkannya di sekolah langsung ke dunia usaha atau dunia industry yang relevan dengan kemampuannya masing masing.
Dalam upaya untuk mewujudkan Visi dan Misi nya, Sekolah MA Nurussyahid melaksanakan berbagai kegiatan demi menjadikan siswa dan siswi yang siap memasuki dunia kerja dan dunia industri (DU/DI), tentunya hal itu tidak dapat diraih dengan mudah, tidak hanya dengan belajar berbagai teori yang berada di sekolah, namun seorang siswa atau siswi harus belajar mengenai bagaimana lingkungan yang berada di dunia kerja dan tentunya bagaimana pekerjaaan yang akan dihadapinya nanti selepas lulus dari sekolah.
1.1.1. Gambaran Umum Perusahaan
A. Kecamatan jatitujuh
kecamatan jatitujuh  adalah sebuah kecamatan di kabupaten majalengka jawa barat ndonesia. kode pos kecamatan jatitujuh 45458, di kecamatan jatitujuh ada 14 kelurahan atau desa yaitu :
1.     Desa Babajurang
Desa Babajuarang merupakan Desa terpencil dari Kecamatan Jatitujuh yang berada di Kabupaten Majalengka jawa barat. Merupakan Desa yang berpenduduk sangat sedikit ,dari desa-desa lain yang berada di Jatitujuh.mayoritas mata pencaharian masyarakat babajurang adalah petani
2.     Desa Biyawak
Desa biyawak merupakan desa dari kecamatan jatitujuh kabupaten majalengka  jawa barat. Desa biyawak merupakan penduduknya banyak, mayoritas mata pencaharian masyarakat desa biyawak adalah petani.
3.     Desa Jatiraga
Desa jatiraga merupakan desa dari kecamatan jatitujuh kabupaten majalengka jawa barat. Mayoritas desa jatiraga mata pencahariannya adalah petani.
4.     Desa putridalem
Putridalem adalah sebuah desa di kecamatan jatitujuh kabupaten majalengka jawa barat. Desa ini terletak di sebelah utara, berbatasan langsung dengan desa pangkalan pari yang menjadi batas antara kabupaten Majalengka dengan kabupaten indramayu jawa barat.
5.     Desa jatitengah
Desa jatitengah merupakan desa yang berada di kecamatan jatitujuh kabupaten majalengka jawa barat. penduduk desa jatitengah banyak dan mayoritas mata pencaharian masyarakat desa jatitengah guru, dokter, dan petanui.
6.     Desa jatitujuh
Jatitujuh adalah sebuah desa di kecamatan jatitujuh kabupaten majalengka jawa barat. penduduk desa jatitujuh sangat banyak dari desa-desa lainnya. mayoritas mata pencaharian masyarakatnya adalah guru, dokter, PNS, dan lain-lain.
7.     Desa pangkalanpari
Desa pangkalan pari adalah sebuah desa di kecamatan jatitujuh kabnupaten majalengka jawa barat. Terletak di sebelah utara, berbatasan langsung antara kabupaten majalengka dengan kabupaten indramayu. Mayoritas mata pencaharian masyarakat adalah petani.
8.     Desa panongan
desa panongan merupakan desa di kecamatan jatitujuh kabupaten majalengka jawa barat. mayoritas mata pencaharian adalah petani.
9.       Desa panyingkiran
10.                         Desa pilangsari
11.                         Desa Randegan kulon
12.                         Desa Randegan wetan
13.                         Desa Sumer kulon
14.                         Desa Sumber wetan

B. Pusat kesehatan
UPTD Puskesmas jatitujuh berlokasi di tengah-tengah ibu kota kecamatan jatitujuh tempatnya di jalan bagus rangin NO.31 merupakan gerbang masuk ke kabupaten majalengka ke wilayah utara.
C. Pusat transportasi
Pusat transportasi di kecamatan jatitujuh kabupaten majalengka hanya ada di desa jatitujuh jalan kibagus rangin. yaitu terminal angkutan umum dan ada juga terminal ojek.
D. Pusat Ekonomi
Mayoritas mata pencaharian Masyarakat semua desa di kecamatan jatitujuh kabupaten majalengka jawa barat. adalah sebagai berikut :
E. Pusat Industri
1.     Pabrik gula Rajawali jatitujuh
Teratur seperti papan catur. Setiap kotak berukuran 4 hektar, yaitu 200m X 200m.Tempat tersebut adalah perkebunan tebu milik PT. PG. Rajawali II - Cirebon. Terletak di kecamatan Jatitujuh Kab. Majalengka Prov. Jawa Barat dikenal dengan nama PG. Jatitujuh (Pabrik Gula Jatitujuh).
F. Pusat perdagangan
Pusat perdagangn masyarakat biasanya di pasar jatitujuh jalan kibagus rangin kecamatan jatitujuh kabupaten majalengka jawa barat.
Pertanian
G. Pusat Pendidikan

a.      Sekolah dasar (SD) di kecamatan jatitujuh kabupaten majalengka jawa barat.
1.     MIN GUPPI ANNUR CIPAKU Swasta Dibawah Diknas
2.     MIN SUMBER KULON : Negeri Dibawah Depag
3.     MIS GUPPI ANNUR CIPAKU : Swasta Dibawah Depag
4.     SDN BABAJURANG : Negeri Dibawah Diknas
5.     SDN BIYAWAK 1: Negeri Dibawah Diknas
6.     SDN Biyawak 2 : Negeri Dibawah Diknas
7.     SDN Biyawak 3 : Negeri Dibawah Diknas
8.     SDN Jatiraga 1 : Negeri Dibawah Diknas
9.     SDN Jatiraga 2 : Negeri Dibawah Diknas
10.           SDN Jatitengah 1 : Negeri Dibawah Diknas
11.           SDN Pangkalanpari 2:Negeri Dibawah Diknas
12.           SDN Pangkalanpari 3:Negeri di bawah diknas
13.           SDN Panongan 1 : Negeri Dibawah Diknas
14.           SDN Panongan 2 : Negeri Dibawah Diknas
15.           SDN Panongan 3 : Negeri Dibawah Diknas
16.           SDN Panyingkiran 1 :Negri di bawah diknas
17.           SDN Panyingkiran 2 : Negri di bawah diknas
18.           SDN Pasindangan : Negeri Dibawah Diknas
19.           SDN Pilangsari 1 : Negeri Dibawah Diknas
20.           SDN Pilangsari 2 : Negeri Dibawah Diknas
21.           SDN Pilangsari 3 : Negeri Dibawah Diknas
22.           SDN Putridalem 1 : Negeri Dibawah Diknas
23.           SDN Putridalem 2 : Negeri Dibawah Diknas
b.     Sekoloh Menengah Pertama di kecamatan jatitujuh kabupaten majalengka jawa barat.
1.      MTSN JATI TUJUH : Negeri Dibawah Depag
2.     MTSN PANGKALANPARI : Negeri Dibawah Depag
3.     MTSS YA MUALLIM PANONGAN : Swasta Dibawah Depag
4.     SMPN 1 JATITUJUH : Negeri Dibawah Diknas
5.     SMPT 2 Jatitujuh : Negeri Dibawah Diknas

1.1.3. Kegiatan Usaha
Kantor kecmatan Kertajati Bergerak di bidang pelayanan masyarakat yaitu mengenai berbagai berbagai keperluan masyrakat yang berhubungan dengan Data kependudukan seperti KTP,KK, dan masih banyak lagi.
1.1.4. Imventarisasi Peralatan Di Perusahaan
Ketika penulis magang di Kantor Kecamatan Jatitujuh , mereka cenderung menggunakan peralatan elektronik yang berhubungan dengan perkantoran dan surat menyurat seperti Komputer,Printer,mesin tanda tangan elektrik dana lain nya adapun rincian nya

1.2. Tujuan
1.2.1. Tujuan Pembuatan Laporan
1.     Sebagai bukti telah melaksanakan Prakerin.
2.     Sebagai salah satu syarat untuk mengikuti ujian karya tulis.
3.     Untuk memenuhi salah satu syarat dalam menempuh ujian akhir prakerin tahun pelajaran 2018-2019
4.     Untuk memenuhi tugas yang diberikan pembimbing produktif
5.     Untuk melatih kemampuan siswa dalam menulis laporan secara ilmiah.
1.2.2.Tujuan Pelaksanaan Prakerin
1.     Menghasilkan tenaga kerja yang memiliki keahlian yang sesuai denga. tuntutan     dunia kerja atau industri
2.     Memperkokoh  “ Link and Match “ antara Pihak Sekolah dan Dunia Kerja  atau Industri
3.     Meningkatkan Efisiensi profesi pendidikan dan pelatihan tenaga kerja  terampil
4.     Memberikan pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai bagian dari    mengajar                   
BAB II
PROSES PELAKSANAAN
2.1. Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Waktu dan tempat pelaksanaan prakerin bertempat di Kantor Kecamatan Jatitujuh. Dimulai pada tanggal januari S.d Februari. Dengan jadwal dalam satu minggu 6 hari kerja yang di mulai dari pukul 07.00-15.00 WIB.
2.2. Alat dan Perlengkapan
Adapun alat dan perlengkapan yang penulis gunakan ketika magang di Kantor Kecamatan Jatitujuh yaitu berupa alat yang berhubungan dengan bidang administrasi seperti:
1.     Komputer
2.     Printer
3.     Alat tulis
4.     Dll
2.3. Gambar Kerja
Terlampir
2.4. Proses Pengerjaan
Banyak yang penulis kerjakan saat penulis magang di Kantor Kecamatan Jatitujuh seperti mengcopy dokumen, menginput data, membuat surat dalan lain nya adapun proses pengerjaannyq sbb:
a.      Metode Coppy Dokumen
Hal yang harus di persiapkan pertama kali siapkan dokumen yang akan di coppy selanjutnya nyalakan printer lalu masukan kertas ke dalam printer dan akhirnya dokumen siap untuk di gunakan
b.     Metode Input Data
Input Data seperti memasukan data kependudukan atau menambahkan contoh jika ada penduduk baru maka tambahkan di data kependudukan begitupun jika ada yang meninggal, pindah, atau kelahiran. Tinggal penulis pindahkan saja ke komputer karena file nya sudah tersedia di dalamnya.
c.      Metode Surat Menyurat
Surat menyurat penulispun di sana membuat surat seperti surat undangan ataupun yang lainnya sama seperti input data kami tinggal rubah rubah saja nama atau tulisan surat akan di tujukan ke mana karena file nya sudah tersedia di komputer kemudian kami prind selanjutnya di tanda tangani dan stempel surat pun siap untuk di sampaikan.
2.5. Implementasi Keselamatan Kerja
Di kantor kecamatan jatitujuh sangatlah mengutamakan keselamatan kerja, terbukti apa yang diterapkan di sekolah tentang keselamatan kerja baik secara teori maupun secara praktek, ternyata di dunia industri lebih cenderung ke implementasi prakteknya.
Berikut Implementasi penerapan keselamatan kerja di kantor Kecamatan Jatitujuh:
Di ruang instansi terdapat rambu-rambu keselamatan kerja seperti:
1.     Jagalah kebersihan.
2.     Utamakan keselamatan kerja.
3.     No smoking.
4.     Dll.
2.6. Hasil Yang Di Capai
1.     Memperoleh ilmu yang tidak terdapat di sekolah
2.     Bisa memmecahkan masalah dengan sempurna dengan di bantu pihak yag sudah berpengalaman.
3.     Dapat merencanakan sesuatu untuk sekolah menuju masa yang akan datang yang lebih baik, berbuah dari pengalaman kerja yang sudah si jalani.
4.     Mengerti arti penting akan kedisiplinan, tanggung jawab, dan saling menghargai di dunia kerja.
5.     Saya dapat mengetahui lebih luas akan dunia kerja.

BAB III
TEMUAN
2.6. Keterlaksanaan (Faktor Pendukung dan Penghambat)
1.     Faktor Pendukung
a.      Adanya dukungan dan dorongan material maupun spiritual dari Orang tua, Saudara dan teman-teman untuk melakukan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN)
b.  Perusahaan yang turut mendukung dan menerima Saya untuk melakukan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) dengan cara membimbimbing dan mengajarkan Saya.
2.     Faktor Penghambat
a.         Kurangnya ilmu serta bimbingan yang di berikan kepada Saya untuk menghadapi kegiatan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN)
b.           Keterbatasan fasilitas yang di berikan sekolah saat melakukan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN)
3.2. Manfaat Yang Dirasakan
1.     Menjadikan kami lebih disiplin
2.     Lebih berpikir dewasa, perspektif, dan profesional
3.     Mendapatkan ilmu yang bisa diterapkan di lain tempat
4.     Dapat memanajemen waktu dengan baik
5.     Mendapatkan banyak pengalaman untuk berwirausaha
6.     Tahu lebih dekat tentang Dunia Usaha dan Dunia Industri
3.3. Pengembangan atau tindak lanjut
1.     Akan mengembangkan lagi di sekolah sesuai dengan apa yang telah di dapatkan di. dunia usaha dan industri.
2.     Akan mengamalkan apa yang di dapatkan di tempat praktek kepada teman teman
3.     Mengusulkan kepada sekolah agar meningkatkan lagi kemampuan siswa dalam menghadapi pelaksanaan prakerin.
4.     Praktek lapangan sangat perlu dan terus mencoba berlatih untuk menjadi yang terbaik.
BAB IV
PENUTUP
4.1 Kesimpulan

Setelah saya melakukan PRAKERIN (Praktik Kerja Industri) di Kantor Kecamatan Jatitujuh TBK.Saya mendapatkan banyak manfaat, baik itu pengalaman, pengetahuan, dan semua yang terkait dalam dunia kerja. Sehingga saya dapat menambah wawasan yang saya dapatkan selama ini, karena hanya dengan praktek saya bisa mengetahui seberapa jauh kemampuan yang sudah saya dapat di sekolah. Sehingga suatu saat nanti jika saya memasuki dunia kerja tidak akan ragu melakukannya, karena sebelumnya sudah mempunyai pengalaman yang baik
.
4.2. Saran

Dari hasil selama saya melakukan kegiatan PRAKERIN, saya memberikan saran agar PRAKERIN dapat dilaksanakan dengan lancar dan baik kedepannya serta saya berharap :
a.      Kepada para peserta PRAKERIN agar mempersiapkan diri dengan menguasai pelajaran yang akan diterapkan dalam industri, agar memudahkan dalam melakukan praktek kerja lapangan di perusahaan.
b.     Saya juga ingin memberikan saran pada pihak perusahaan terutama di Plant Administrasi agar tidak perlu sungkan terhadap anak PKL, usahakan berikan tugas asalkan dengan bimbingan terlebih dahulu sebelum tugas dilaksanakan, agar hasilnya menjadi efektif dan efisien.

0 Response to "Laporan Akhir Kegiatan Magng MA Nurussyahid Bantarjati Kertajati Di Kantor Kecamatan Jatitujuh Majalengka ( Laporan Lengkap)"

Post a Comment