Model Contoh Proposal PPDB (Pendaftaran Peserta Didik Baru) MA Nurussyahid Bantarjati Kertajati Majalengka Tahun Pelajaran 2019/2020

MA NURUSSYAHID KERTAJATI SIAPKAN GENERASI MASA DEPAN KERTAJATI BERKUALITAS, GEMILANG, KOMPETITIF DAN MEMILIKI DAYA SAING 
Dua siswi MA Nurussyahid Kertajati saat Magang di PT. BIJB Kertajati



PROPOSAL PPDB (PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU)
MA NURUSSYAHID KERTAJATI MAJALENGKA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

A. PENDAHULUAN
Kebutuhan masyarakat Indonesia yang semakin tinggi terhadap pendidikan yang bermutu menunjukkan bahwa pendidikan telah menjadi salah satu pranata kehidupan yang kuat dan berwibawa, serta memiliki peranan yang sangat strategis dalam pembangunan peradaban bangsa Indonesia.
Pengalaman menunjukkan bahwa pendidikan banyak memberi manfaat yang luas bagi kehidupan bangsa. Dengan pendidikan akan lahir masyarakat yang terpelajar dan berakhlak mulia yang menjadi pilar utama dalam membangun masyarakat sejahtera.
Di sisi lain pendidikan juga memberikan sumbangan nyata terhadap pertumbuhan ekonomi melalui penyediaan tenaga kerja berpengetahuan, menguasai tekhnologi dan mempunyai keahlian atau keterampilan.
Tenaga kerja dengan kualifikasi pendidikan yang memadai akan memberi kontribusi pada peningkatan produktifitas Nasional.
Berangkat dari kondisi tersebut diatas, pemerintah melalui Depdiknas dan Kementerian Agama melakukan suatu terobosan yang sangat inovatif dalam penyelenggaraan pendidikan dengan melahirkan suatu produk UU pendidikan nasional No. 20 tahun 2003, tentang sistem pendidkan nasional pasal 50 ayat 3 yang menyatakan bahwa, Pemerintah Pusat dan pemerintah daerah menyelenggarakan sekurang-kurangnya satu satuan pendidikan pada semua jenjang pendidikan untuk dikembangkan menjadi satuan pendidikan yang bertaraf Internasional.
Untuk mengimplementasikan hal tersebut diatas maka MA Nurussyahid Kertajati  Kabupaten Majalengka bermaksud mengadakan seleksi untuk penerimaan siswa baru tahun. Pembelajaran 2019/2019 yang akan datang sesuai dengan panduan yang telah dikeluarkan oleh Depdiknas dan Kementerian Agama dan disesuaikan dengan kondisi daerah atau sekolah.

B. DASAR DAN LANDASAN
1.      Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam No. 1714 Tahun 2007 tentang Pedoman Penerimaan Peserta didik Baru Tahun Pelajaran 2017/2018.
  1. Surat Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Majalengka Tentang Pemberlakuan SE No. SE/DJ.I/PP.01.1/589/2017 tanggal 7 Maret 2017 (Penekanan dalam PPDB Tahun Pelajaran 2017/2018 lebih memaksimalkan rekrutmen peserta didik sehigga rasio pesert didik dengan guru menjadi (15:1).
  2. Musyarawah hasil dewan guru beserta Majelis Madrasah MA Nurussyahid Kertajati  Kabupaten Majalengka tentang PPDB, dan Periapan Akhir Tahun.

C. KEGIATAN
Pendaftaran penerimaan (PPDB) Peserta Didik baru kelas X (Sepuluh) MA Nurussyahid Kertajati  Kabupaten Majalengka  Tahun Pembelajaran 2019/2020.

D. TUJUAN
  1. Terlaksananya kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru MA Nurussyahid Kertajati  tahun pembelajaran 2019/2020.
  2. Penerimaan  Peserta Didik Baru kelas X (Sepuluh) MA Nurussyahid Kertajati  secara baik dan terukur sehingga peluang untuk mencapai Madrasah yang bermutu.
  3. Adanya muatan khusus dalam seleksi Peserta Didik Baru kelas X (sepuluh) untuk    mencapai tujuan  visi dan misi MA Nurussyahid Kertajati .

4.      Kapabilitas dan kredibilitas Peserta didik yang tersaring akan lebih terukur dan   memiliki daya saing yang lebih baik.

E. SYARAT – SYARAT PENDAFTARAN

            Persyaratan Calon Peserta Didik Baru Kelas X (Sepuluh) MA Nurussyahid Kertajati Pada tanggal 1 Juli 2019 : 
1.  Telah Lulus dan memiliki Ijazah/ STTB SMP/SMPLB/ MTs/ Paket B/ Pendidikan Pesantren Salafiyah Wustho, sederajat.
2.    Mmiliki SKHUN SMP/SMPLB/ MTs/ Paket B/ Pendidikan Pesantren Salafiyah Wustho, sederajat.
3.       Berusia Paling tinggi 21 Tahun pada awal tahun pelajaran Baru.
4.       Mengisi Formulir Pendaftaran
5.   Melampirkan Akte Kelahiran, Kartu Keluarga(KK), Katru PKH, KTP Orang Tua/ Wai    (Ibu Bapak) dan Persyaratan di masukan kedalam MAP warna Abu-abu.

E. WAKTU DAN TEMPAT
Pelaksanaan pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru Kelas X (Sepuluh) MA Nurussyahid Kertajati dibagi menjadi 2 Gelombang:
1.      Gelombang I  diperkirakan tanggal 01 April s/d 30 Juni  2019.
2.      Gelombang I  diperkirakan tanggal 01 Juli  s/d 30 Juli  2019
Tempat pendaftaran adalah : di Kampus MA Nurussyahid Kertajati , alamat Jl. Tengah Blok Belakang Kantor Balai Desa Bantarjati Kertajati Kab. Majalengka 45457 Blok Sabtu RT/RW. 05/03 No. 10-11 HP. 082126685006

H. PANITIA / PENGELOLA
Penerimaan Peserta Didik Baru Kelas X (Sepuluh) MA Nurussyahid Kertajati ini sepenuhnya dikelola oleh manajemen Madrasah, berkoordinasi dengan Kementerian Agama kabupaten Majalengka, dengan Susunan panitia (terlampir tertuang dalam lampiran SK).

I. PEMBIAYAAN
                ( Terlampir )

J. FASILITAS
1.      Bagi Peserta didik yang daftar langsung dari sejak awal akan mendapatkan 1 setel Baju Seragam Abu-abu.
2.      Disediakan Beasiswa bagi siswa berprestasi.
3.      Siswa peringkat 1 SMP/MTs mendapat bantuan alat tulis.
  1. Bagi siswa yang Miskin/ Kurang mampu dan memiliki akan mendapatka bantuan PKH dari Kementerian Sosial RI.
5.  Bagi Kelas XI diadakan Prakerin/PKL/Magang di Kantor-kantor dengan spesifikasi Perkantoran. Seperti Kantor Kepala Desa, Kantor UPTD, Kantor Kecamatan, Kantor KUA dan Kantor PT. Adhi Karya (Kontraktor Bandara Internasional Kertajati) BIJB,PT WIKA-PP, KSO, PT WASKITA. PT. Angkasa Pura II Bandara Inernasional Kertajati dll
6.      Muatan Lokal Komputer, dan memiliki Perpustakaan sendiri.
7.      Latihan Mengemudi Mobil/Drever
8.      Memiliki Mesjid/ Musholla  yang nyaman dan refresentatif .
9.  Tenaga pengajar terdiri dari guru-guru yang professional dan berpengalaman di   bidangnya masing-masing.
10.Kegiatan ekstrakurikuler : Kaligrafi Juara 3 Tingkat baupaten Majalengka, Qiro’at, Dakwah, Pramuka, PMR, Paskibra dan Olah Raga. Juara II Futsal


K. KETENTUAN LAIN
1.      Pendaftaran secara kolektip atau perorangan
2.     Segala sesuatu yang belum jelas dalam ketentuan ini dapat di tanyakan langsung kepada panitia pendaftaran.

L. PENUTUP
Demikianlah Proposal ini kami buat dan di sampaikan kepada semua pihak, mudah-mudahan cita-cita mulia untuk mencerdaskan anak bangsa ini dan masyarakat Kecamatan Kertajati, Jatitujuh pada khususnya serta masyarakat Kabupaten Majalengka pada umumnya dapat kita implementasi.

 
 

Ketua Pelaksana PPDB




Eem Rohmah, S.Pd.i
      NIP. -
Kertajati,12  Feb 2019
Sekretaris




Vivih Vihtriani, S.Pd.I



Megetahui;
Kepala MA Nurussyahid




Odong Abdurrahaman,S.Pd.I,S.Pd
 NIP. -



0 Response to "Model Contoh Proposal PPDB (Pendaftaran Peserta Didik Baru) MA Nurussyahid Bantarjati Kertajati Majalengka Tahun Pelajaran 2019/2020 "

Post a Comment