Foto Anak Didik MA Nurussyahid Kertajati Kelas XII Program IPS saat bersama Anggota Kepolisian Sektor (Polsek) Kertajati
Tahun 2019
Program Tahunan
Satuan Pendidikan : SMA / Madrasah Aliyah / SMK / MAK
Kelas :
XII
Mata Pelajaran : PPKn (Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan)
Kompetensi Inti :
1.
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleran, gotong royong),
santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami pengetahuan
(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata.
4. Mencoba, mengolah, dan
menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi,
dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori.
Semester
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Ganjil
|
3.1
Menganalisis
nilai-nilai Pancasila terkait dengan kasus-kasus pelanggaran hak dan
pengingkaran kewajiban warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
4.1
Menyaji hasil analisis nilai-nilai Pancasila
terkait dengan kasus –kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban dalam
kehidupan berbangsa dan bernegara
|
Bab 1
Kasus-Kasus Pelanggaran Hak dan Pengingkaran Kewajiban
Warga Negara
A.
Makna Hak dan Kewajiban Warga Negara
B.
Substansi Hak dan Kewajiban Warga Negara dalam
Pancasila
C.
Kasus Pelanggaran Hak dan Pengingkaran
Kewajiban Warga Negara
D.
Penanganan Pelanggaran Hak dan Pengingkaran
Kewajiban Warga Negara
|
18 JP
(18× 45 menit)
|
3.2
Memprediksi praksis (kehidupan nyata) pelindungan dan penegakan hukum
dalam masyarakat untuk menjamin keadilan dan kedamaian
4.2
Menalar
hasil evaluasi praksis (kehidupan nyata) perlindungan dan penegakan
hukum dalam masyarakat untuk menjamin keadilan dan kedamaian
|
Bab 2
Perlindungan dan Penegakan Hukum dalam
Masyarakat untuk Menjamin Keadilan
dan Kedamaian
A. Hakikat Perlindungan
dan Penegakan Hukum
B. Peran Lembaga Penegak
Hukum dalam Menjamin Keadilan dan Kedamaian
C.
Dinamika Pelanggaran Hukum
|
20 JP
(20× 45 menit)
|
|
Genap
|
3.3
Mengkontraskan pengaruh
positif dan negatif kemajuan
IPTEK terhadap negara dalam bingkai
4.3 Menyaji hasil evaluasi pengaruh positif
dan negatif kemajuan IPTEK terhadap
negara dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
|
Bab 3
Pengaruh Positif dan
Negatif Kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) terhadap Negara
A.
Pengaruh Positif dan Negatif Kemajuan Ilmu
Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia
B.
Sikap Selektif dalam Menghadapi
Berbagai Pengaruh Kemajuan Iptek
|
12 JP
(12 × 45 menit)
|
3.4
Mengevaluasi
dinamika persatuan dan kesatuan bangsa sebagai upaya menjaga dan mempertahankan Negara Kesatuan
Republik Indonesia
4.4.
Mendemonstrasikan hasil evaluasi dinamika persatuan dan kesatuan bangsa sebagai upaya
menjaga dan mempertahankan Negara Kesatuan
Republik Indonesia
|
Bab 4
Dinamika Persatuan dan Kesatuan Bangsa sebagai
Upaya Menjaga dan Mempertahankan
Negara Kesatuan Republik Indonesia
A.
Hakikat Negara Kesatuan Republik
Indonesia .
B.
Persatuan dan Kesatuan Bangsa
Indonesia dari Masa ke Masa
|
14 JP
(114 × 45 menit)
|
|
|
64 JP = 32 Pertemuan
1 JP = 45 menit
|
Mengetahui,
Kepala
Sekolah
_______________________
NIP.
|
.................,
...........................2019
Guru
Mata Pelajaran
_______________________
NIP.
|
0 Response to "Model Program Tahunan Untuk Mata Pelajaran PPKn (Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan) Kelas XII (Dua Belas) Tingkat SMA / Madrasah Aliyah / SMK / MAK"
Post a Comment