Foto Kelas XII IPS MA Nurussyahid Kertajati saat Ziaroh Makom Mbah Buyut Lazah Pasiripis
Program Semester
Satuan Pendidikan :
SMA / Madrasah Aliyah / SMK / Madrasah
Aliyah Kejuruan
Kelas/Semester :
XII/1
Mata Pelajaran : PPKn (Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan)
Kompetensi Inti :
1.
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleran, gotong royong),
santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami pengetahuan
(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata.
4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan
yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Bulan
|
|||||||||||||||||||||||||
Juli
|
Agustus
|
September
|
Oktober
|
November
|
Desember
|
||||||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
KD 3.1
Menganalisis nilai-nilai Pancasila terkait dengan kasus-kasus
pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara dalam kehidupan
berbangsa dan bernegara
.
|
Bab 1
Kasus-Kasus Pelanggaran Hak dan Pengingkaran Kewajiban
Warga Negara
A.
Makna Hak dan Kewajiban Warga Negara
B.
Substansi Hak dan Kewajiban Warga Negara dalam
Pancasila
C.
Kasus Pelanggaran Hak dan Pengingkaran
Kewajiban Warga Negara
D.
Penanganan Pelanggaran Hak dan Pengingkaran
Kewajiban Warga Negara
|
Libur Semester
|
Masa Orientasi Siswa
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
UTS
|
MJTS
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
UAS Ganjil
|
Penerimaan Rapor
|
Libur Semester
|
|
KD
4.1
Menyaji hasil analisis nilai-nilai Pancasila
terkait dengan kasus –kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban dalam
kehidupan berbangsa dan bernegara
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||
KD 3.2
Memprediksi praksis (kehidupan
nyata) pelindungan dan penegakan hukum dalam masyarakat untuk menjamin
keadilan dan kedamaian
.
|
Bab 2
Perlindungan dan Penegakan Hukum dalam
Masyarakat untuk Menjamin Keadilan
dan Kedamaian
A. Hakikat Perlindungan
dan Penegakan Hukum
B. Peran Lembaga Penegak
Hukum dalam Menjamin Keadilan dan Kedamaian
C.
Dinamika Pelanggaran Hukum
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||
KD 4.2
Menalar hasil evaluasi
praksis (kehidupan nyata) perlindungan dan penegakan hukum dalam masyarakat
untuk menjamin keadilan dan kedamaian
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
|
Libur
Semester
|
|
|
Ujian
Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester Ganjil (UAS Ganjil)
|
|
Masa
Orientasi Siswa
|
|
|
Masa
Jeda Tengah Semester (MJTS) dan Penerimaan Rapor
|
Mengetahui
Kepala
Sekolah
NIP
|
….…..
, ……………… 2019
Guru
Mata Pelajaran
NIP
|
Program Semester
Satuan Pendidikan : SMA / Madrasah Aliyah / SMK / Madrasah Aliyah Kejuruan
Kelas/Semester : XII/2
Mata Pelajaran : PPKn (Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan)
Kompetensi Inti :
1.
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleran, gotong royong),
santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami pengetahuan
(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata.
4. Mengolah, menyaji, dan
menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi,
dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Bulan
|
|||||||||||||||||||||||||
Januari
|
Februari
|
Maret
|
April
|
Mei
|
Juni
|
||||||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
KD 3.3
Mengkontraskan
pengaruh positif dan
negatif kemajuan IPTEK terhadap negara
dalam bingkai
|
Bab 3
Pengaruh Positif dan Negatif Kemajuan Ilmu Pengetahuan dan
Teknologi (Iptek) terhadap Negara
A.
Pengaruh Positif dan Negatif Kemajuan Ilmu
Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia
B.
Sikap Selektif dalam Menghadapi
Berbagai Pengaruh Kemajuan Iptek
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
UTS
|
|
|
|
|
Ujian Nasional
|
|
|
|
|
|
UAS Genap
|
Penerimaan Rapor
|
Libur Hari Raya
|
Libur Semester
|
||
KD
3.3
Menyaji hasil evaluasi pengaruh positif dan negatif kemajuan IPTEK terhadap negara dalam
bingkai Bhinneka Tunggal Ika
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||
KD 3.4
Mengevaluasi dinamika persatuan dan kesatuan bangsa sebagai
upaya menjaga dan mempertahankan
Negara Kesatuan Republik Indonesia
.
|
Bab 4
Dinamika Persatuan dan Kesatuan Bangsa sebagai
Upaya Menjaga dan Mempertahankan
Negara Kesatuan Republik Indonesia
A.
Hakikat Negara Kesatuan Republik
Indonesia .
B.
Persatuan dan Kesatuan Bangsa
Indonesia dari Masa ke Masa
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||
KD 4.4
Mendemonstrasikan hasil evaluasi dinamika persatuan dan kesatuan bangsa sebagai upaya
menjaga dan mempertahankan Negara Kesatuan
Republik Indonesia.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||
Keterangan
|
Libur
Semester dan Libur Hari Raya
|
|
|
Ujian
Tengah Semester (UTS); Ujian Nasional (UN); dan Ujian Akhir Semester Ganjil
(UAS Ganjil)
|
|
Masa
Jeda Tengah Semester (MJTS) dan Penerimaan Rapor
|
Mengetahui
Kepala
Sekolah
NIP
|
….…..
, ……………… 2019
Guru
Mata Pelajaran
NIP
|
0 Response to "Model Program Semester Untuk Semester Satu (1) dan Semester 2 (Dua) untuk Kelas XII (dua Belas Pada Tingkat SMA / Madrasah Aliyah / SMK / Madrasah Aliyah Kejuruan"
Post a Comment