MODEL KTSP (KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN) PADA TINGKAT SEKOLAH DASAR (SD) BAB II TUJUAN KTSP



BAB II
TUJUAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP)

A.    Tujuan Pendidikan Dasar
      Tujuan pendidikan dasar adalah meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.

B.    Visi  Sekolah
Dalam merumuskan visi, pihak-pihak terkait (kepala sekolah, dewan guru, siswa, komite sekolah, orang tua murid, dan masyarakat) melakukan musyawarah sehingga visi tersebut benar-benar mewakili aspirasi semua pihak yang terkait. Harapannya, semua pihak yang terkait dalam kegiatan pembelajaran (guru, peserta didik) benar-benar menyadari visi tersebut untuk selanjutnya memegang komitmen terhadap visi yang telah disepakati bersama.
Adapun visi sekolah, yaitu terwujudnya penyelenggaraan pendidikan yang bermutu tinggi sebagai upaya pengembangan kualitas manusia yang unggul dalam akhlak, ilmu pengetahuan dan seni budaya, serta memiliki keahlian atau skil yang kreatif, produktif dengan ditunjang oleh keunggulan prestasi akademik maupun nonakademik.

C.    Misi Sekolah
       Untuk mencapai visi sekolah, dilakukan suatu misi berupa kegiatan jangka panjang dengan arah yang jelas dan sistematis yang dirumuskan berdasarkan visi sekolah, yakni sebagai berikut
1.    Mengembangkan budi pekerti, keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan dilandasi imtaq dan iptek yang unggul dan kompeten.
2.    Mengupayakan pendidikan yang prima, dengan membantu memberikan fasilitas potensi anak didik agar memiliki life skill yang dilandasi dengan keseimbangan etika, logika, estetika, dan kenestika.
3.    Meningkatkan profesionalismetenaga kependidikan baik secara perorangan maupun kelompok dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran dan menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif dan menyenangkan.
4.    Memupuk dan mengembangkan potensi seni budaya nasional maupun lokal melalui berbagai kesempatan yang terintegrasi dalam kegiatan dan atau pengembangan diri agar mampu berkopetensi dalam kehidupan sehari hari.
5.    Meningkatkan pemberdayaan peran serta orangtua murid dan masyarakat dalam upaya penyelenggaraan pendidikan berdasarkan prinsip kekeluargaan dan gotong royong.

D.    Tujuan Sekolah
Tujuan sekolah dijabarkan berdasarkan tujuan umum pendidikan, visi, dan misi sekolah. Berdasarkan tiga hal tersebut, dapat dijabarkan tujuan sekolah, yakni sebagai berikut
1.  Meningkatkan prilaku akhlak mulia bagi peserta anak didik.
2.  Meraih prestasi akademik maupun nonakademik minimal tingkat kecamatan.
3.  Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan.
4.  Mengembangkan kepribadian manusia yang kreatif, Inofatif, produktif, dan kompetitif bagi peserta didik.

5.  Mempersiapkan peserta didik  dalam mengikuti pendidikan lebih lanjut ( SMP / MTs). Sesuai pilihannya.

0 Response to "MODEL KTSP (KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN) PADA TINGKAT SEKOLAH DASAR (SD) BAB II TUJUAN KTSP "

Post a Comment