INDIKATOR PENILAIAN KINERJA KEPALA RA NURUL HIKMAH BANTARJATI
BIDANG 1 TENTANG USAHA PENGEMBANGAN RAUDHATUL ATHFAL
No. |
Tugas Utama / Unsur Tugas Utama |
Indikator Kinerja |
Data Yang Diharapkan |
Bukti Hasil kinerja |
Hasil Kinerja |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
|||||
1.
USAHA PENGEMBANGAN RAUDHATUL ATHFAL |
||||||||
1.1 |
Mengembangkan
Raudhatul Athfal sesuai dengan kebutuhan |
1.) Mampu mengembangkan struktur organisasi yang sesuai dengan
kebutuhan program |
Dokumen struktur
Raudhatul Athfal |
|
|
|
v |
|
Notulen rapat
keputusan tentang penyusunan struktur organisasi |
||||||||
Dokumen sosialisasi |
||||||||
Daftar hadir |
||||||||
2.) Mampu menempatkan personalia yang sesuai dengan kebutuhan |
Dokumen uraian tugas
personalia di Raudhatul Athfal |
|
|
|
v |
|||
Rincian tugas setiap
personil pada struktur organisasi Raudhatul Athfal |
||||||||
Sertifikat |
||||||||
3.) Mampu
mengembangkan pedoman dan prosedur kerja organisasi Raudhatul Athfal |
Pedoman dan prosedur
kerja organisasi Raudhatul Athfal |
Dokumen SOP Raudhatul Athfal / pedoman Sistem Informasi Raudhatul Athfal |
|
|
|
v |
||
1.2 |
Mengelola perubahan
dan pengembangan Raudhatul Athfal menuju organisasi pembelajar yang efektif |
1.) Mampu mengembangkan program baru untuk meningkatkan pencapaian
target yang lebih tinggi |
Program pengembangan
Raudhatul Athfal mengandung target pencapaian pada indikator keunggulan khas
satuan pendidikan, kerja sama tim, dan data realisasi target yang meningkat
dari pada pencapaian sebelumnya |
|
|
|
v |
|
Data prestasi
Raudhatul Athfal |
||||||||
Data nilai pertumbuhan
dan perkembangan anak 3 tahun terakhir |
||||||||
RKJM |
||||||||
|
|
2.) Mampu dan terampil dalam membangun tim kerja yang efektif untuk
mendapatkan produk kinerja yang lebih unggul |
Terdapat struktur
organisasi yang dilengkapi dengan distribusi dan deskripsi pembagian tugas |
|
|
|
v |
|
Tugas dan informasi |
||||||||
Pedoman monitoring dan
evaluasi kerja |
||||||||
3.) Mampu menerapkan berbagai teknik pembaharuan dalam pengelolaan
pembelajaran |
Terdapat penerapan
strategi pembaharuan dengan strategi terprogram |
Dokumen kurikulum |
|
|
|
v |
||
Kalender pendidikan |
||||||||
Perangkat pembelajaran |
||||||||
Penilaian |
||||||||
Peraturan akademik |
||||||||
Notulen diskusi
evaluasi rutin pembelajaran |
||||||||
4.) Mampu
mengembangkan potensi dan meningkatkan prestasi Raudhatul Athfal |
Dokumen bukti
perkembangan potensi dan prestasi peserta didik yang meningkat dari waktu ke
waktu |
Data prestasi
Raudhatul Athfal 1 tahun terakhir |
|
|
v |
|
||
Data hasil nilai
pertumbuhan dan perkembangan anak 1 tahun terakhir |
||||||||
Dokumen akreditasi |
||||||||
Program
ekstrakurikuler |
||||||||
Program unggulan
Raudhatul Athfal |
||||||||
1.3 |
Mengelola hubungan
antara Raudhatul Athfal dan masyarakat dalam rangka pencarian dukungan ide,
sumber belajar, dan pembiayaan |
1.) Merencanakan kerjasama dengan lembaga pemerintah, swasta, dan
masyarakat |
Data kerjasama dengan
lembaga pemerintah, swasta, dan masyarakat |
|
|
|
v |
|
AD/ART komite
Raudhatul Athfal |
||||||||
Laporan kegiatan
komite Raudhatul Athfal |
||||||||
Dokumen tertulis kerja
sama (MOU) |
||||||||
Foto-foto |
||||||||
Laporan kegiatan |
||||||||
2.) Melakukan pendekatan-pendekatan dalam rangka mendapatkan
dukungan dari lembaga pemerintah, swasta, dan masyarakat |
Dokumen program kerja
sama dengan pemerintah, swasta, dan masyarakat |
Program kegiatan kerja
sama |
|
|
v |
|
||
Foto kegiatan |
||||||||
Jadwal kegiatan |
||||||||
Laporan kegiatan |
||||||||
|
|
3.) Memanfaatkan dan memelihara hubungan kerjasama dengan lembaga
pemerintah, swasta, dan masyarakat |
Data hasil kerjasama
dengan lembaga pemerintah, swasta, dan masyarakat |
Laporan kegiatan kerja
sama |
|
|
v |
|
Laporan monitoring /
evaluasi kegiatan |
||||||||
Dokumentasi foto /
video pelaksanaan kerjasama |
||||||||
1.4 |
Mengelola proses
pencapaian 8 SN-PAUD sesuai dengan arah dan tujuan pendidikan nasional |
1.) Mengaplikasikan pengembangan kurikulum yang mengacu kepada
standar isi |
Dokumen analisis
SN-PAUD dalam hal standar isi |
Kurikulum |
|
|
|
v |
Kalender pendidikan |
||||||||
Perangkat pembelajaran |
||||||||
Pedoman penilaian |
||||||||
Peraturan akademik |
||||||||
Buku kerja guru |
||||||||
Dokumen rapat
penyusunan kurikulum (daftar hadir, daftar peserta, foto) |
||||||||
2.) Mengaplikasikan pengembangan proses pembelajaran yang mengacu
kepada standar proses |
Dokumen analisis
SN-PAUD dalam hal standar proses |
Dokumen STPPA, IPPA,
PPMP |
|
|
v |
|
||
Prosem, RPPM, RPPH |
||||||||
Struktur kurikulum |
||||||||
Pembagian jam mengajar |
||||||||
Jadwal mengajar |
||||||||
PWBE |
||||||||
Buku teks |
||||||||
Jurnal mengajar guru |
||||||||
Data siswa per
kelompok/kelas |
||||||||
Dokumen supervisi
(laporan pemantauan pembelajaran, laporan evaluasi pembelajaran dan rencana
tindak lanjut) |
||||||||
|
|
3.) Mengaplikasikan sistem penilaian pembelajaran yang mengacu
kepada standar penilaian |
Dokumen analisis
SN-PAUD dalam hal standar penilaian |
Ceklis perkembangan
harian |
|
|
|
v |
Catatan anekdot |
||||||||
Hasil karya anak |
||||||||
Kompilasi data nilai
bulanan |
||||||||
Kompilasi data nilai
semester |
||||||||
Dokumen portofolio
anak |
||||||||
Laporan hasil
pembelajaran (Rapor) |
||||||||
Laporan hasil
pembelajaran (Ijazah) |
||||||||
Tindak lanjut hasil
penilaian |
||||||||
|
|
4.) Melaksanakan penjaminan mutu pencapaian standar tingkat
pencapaian perkembangan anak (STPPA) |
Dokumen analisis SNP
dalam hal standar tingkat pencapaian perkembangan anak (STPPA) |
Dokumen program
kegiatan kesiswaan |
|
|
v |
|
Laporan kegiatan
kesiswaan |
||||||||
Dokumentasi kegiatan
kesiswaan |
||||||||
Laporan kegiatan
pembiasaan siswa |
||||||||
Dokumen kegiatan
literasi |
||||||||
Data hasil penilaian
perkembangan anak 2 tahun terakhir |
||||||||
Data prestasi akademik
2 tahun terakhir |
||||||||
Data prestasi non
akademik 2 tahun terakhir |
||||||||
1.5 |
Mengelola unit layanan
khusus Raudhatul Athfal dalam mendukung kegiatan pembelajaran dan kegiatan
peserta didik di Raudhatul Athfal |
1.) Mampu
mengelola layanan kesehatan Raudhatul Athfal agar dapat dimanfaatkan secara
optimal untuk kepentingan kesehatan peserta didik |
Adanya bukti
pemanfaatan layanan kesehatan untuk kepentingan kesehatan peserta didik |
Luas sesuai standar |
|
|
v |
|
Sarana pendukung
layanan kesehatan |
||||||||
Program kerja layanan
kesehatan |
||||||||
Jurnal dan laporan
pengelolaan layanan kesehatan |
||||||||
2.) Mampu
mengelola perpustakaan Raudhatul Athfal dalam menyiapkan sumber belajar yang
diperlukan oleh peserta didik |
Adanya bukti
pemanfaatan perpustakaan dalam pembelajaran, jadwal, kegiatan, dll. |
Luas sesuai standar |
|
|
v |
|
||
Sarana pendukung |
||||||||
Daftar buku induk
perpustakaan |
||||||||
Laporan pengelolaan
perpustakaan |
||||||||
Program kerja
perpustakaan |
||||||||
|
|
3.) Mampu
mengelola usaha Raudhatul Athfal untuk pembelajaran peserta didik dan
pemasukan tambahan dana bagi Raudhatul Athfal |
Adanya bukti kegiatan
usaha Raudhatul Athfal dalam pembelajaran |
Data / laporan
kegiatan usaha Raudhatul Athfal |
|
|
v |
|
Dokumentasi kegiatan
(foto / video) |
||||||||
4.) Mampu
mengelola koperasi Raudhatul Athfal baik sebagai media praktik maupun sebagai
sumber belajar bagi peserta didik |
Adanya bukti
pemanfaatan koperasi dalam pembelajaran, jadwal, kegiatan, dll. |
Instrumen hasil
praktik pembelajaran |
|
|
v |
|
||
Foto kegiatan praktik |
||||||||
AD/ART koperasi |
||||||||
Laporan RAT |
||||||||
1.6 |
Mengelola sistem
informasi Raudhatul Athfal dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan
keputusan |
1.)
Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam manajemen Raudhatul
Athfal |
Adanya bukti
pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam manajemen Raudhatul
Athfal |
Fasilitas teknologi
dan informasi |
|
|
|
v |
Sumber daya informasi |
||||||||
Website Raudhatul
Athfal |
||||||||
Pedoman Sistem
Informasi Raudhatul Athfal |
||||||||
2.) Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam
pembelajaran, baik sebagai sumber belajar maupun sebagai alat / media
pembelajaran |
Adanya bukti
pemanfaatan teknologi infomrasi dan komunikasi sebagai sumber belajar dan
media pembelajaran |
Ketersediaan komputer |
|
|
|
v |
||
Jaringan internet |
||||||||
Alamat email Raudhatul
Athfal |
||||||||
Pemanfaatan TIK untuk
pembelajaran (observasi / wawancara) |
||||||||
3.) Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam menjalin
kerjasama dengan pihak lain |
Adanya bukti
pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam menjalin kerja sama
dengan pihak lain |
Pengelolaan SIM |
|
|
v |
|
||
Fasilitas SIM |
||||||||
Surat tugas pengelola
SIM |
||||||||
Pelaporan data dan
informasi |
||||||||
Program kerjasama |
||||||||
MOU |
||||||||
Observasi dan
wawancara |
||||||||
4.) Memanfaatkan
teknologi informasi dan komunikasi dalam promosi program Raudhatul Athfal dan
prestasi yang telah dicapai |
Adanya bukti
pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam promosi program
Raudhatul Athfal dan prestasi yang dicapai |
Pengelolaan SIM |
|
|
v |
|
||
Fasilitas SIM |
||||||||
Surat tugas pengelola
SIM |
||||||||
Pelaporan data dan
informasi |
||||||||
Program promosi |
||||||||
Observasi dan
wawancara |
||||||||
1.7 |
Memanfaatkan kemajuan
teknologi informasi bagi peningkatan pembelajaran dan manajemen Raudhatul
Athfal |
1.) Mampu mengembangkan sistem administrasi pengelolaan secara
efektif dengan dukungan penerapan teknologi informasi dan komunikasi |
Terdapat penerapan TIK
(berbasis komputer, LCD, jejaring intranet, internet) dalam pengelolaan
administrasi persuratan, sarana prasarana, kepegawaian, kepeserta didikan,
dan keuangan |
Jumlah komputer dan
LCD yang cukup |
|
|
|
v |
Memiliki jaringan
internet |
||||||||
Laporan absensi
elektronik |
||||||||
Dokumen lain
pemanfaatan TIK untuk administrasi Raudhatul Athfal |
||||||||
2.) Mengelola administrasi pembelajaran secara efektif dengan
dukungan penerapan teknologi informasi dan komunikasi |
Model penerapan TIK
dalam pengelolaan administrasi kurikulum dan pembelajaran, misalnya :
pengelolaan kurikulum berbasis komputer, inttranet, dan internet |
Jumlah komputer dan
LCD yang cukup |
|
|
v |
|
||
Memiliki jaringan
internet |
||||||||
Pemanfaatan TIK untuk
pembelajaran (seperti etmodo, google, classroom, dll.) |
||||||||
Pengelolaan penilaian
secara online |
||||||||
3.) Mampu mengembangkan sistem pengelolaan perpustakaan secara
efektif dengan dukungan penerapan teknologi informasi dan komunikasi |
Model pemanfaatan TIK
dalam sistem pengelolaan perpustakaan berbasis komputer, intranet, dan
internet |
Katalog digital |
|
|
v |
|
||
BSE |
||||||||
Akses internet |
||||||||
Komputer |
||||||||
Dokumen aplikasi
layanan perpustakaan |
0 Response to "INDIKATOR PKK RA TENTANG BAGIAN KE I (SATU) USAHA PENGEMBANGAN RAUDHATUL ATHFAL"
Post a Comment