INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA KEPALA MADRASAH BAGIAN SATU TENTANG USAHA PENGEMBANGAN MADRASAH |
No. |
Tugas Utama / Unsur Tugas Utama |
Indikator Kinerja |
Data Yang Diharapkan |
Bukti Hasil kinerja |
Hasil Kinerja* |
||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1. USAHA PENGEMBANGAN MADRASAH |
|||||||||||
1.1 |
Mengembangkan madrasah sesuai dengan kebutuhan |
1.) Mampu mengembangkan struktur organisasi yang sesuai dengan kebutuhan program |
Dokumen struktur madrasah |
Bagan / struktur organisasi |
|
|
|
v |
|||
Notulen rapat keputusan tentang penyusunan struktur organisasi |
|||||||||||
Dokumen sosialisasi |
|||||||||||
Daftar hadir |
|||||||||||
2.) Mampu menempatkan personalia yang sesuai dengan kebutuhan |
Dokumen uraian tugas personalia di madrasah |
Dokumen penetapan / pengesahan susunan organisasi |
|
|
|
v |
|||||
Rincian tugas setiap personil pada struktur organisasi madrasah |
|||||||||||
SOP personalia |
|||||||||||
Sertifikat |
|||||||||||
3.) Mampu mengembangkan pedoman dan prosedur kerja organisasi madrasah |
Pedoman dan prosedur kerja organisasi madrasah |
Dokumen SOP madrasah / pedoman Sistem Informasi Madrasah |
|
|
v |
|
|||||
1.2 |
Mengelola perubahan dan pengembangan madrasah menuju organisasi pembelajar yang efektif |
1.) Mampu mengembangkan program baru untuk meningkatkan pencapaian target yang lebih tinggi |
Program pengembangan madrasah mengandung target pencapaian pada indikator keunggulan khas satuan pendidikan, kerja sama tim, dan data realisasi target yang meningkat dari pada pencapaian sebelumnya |
|
|
|
v |
||||
Data hasil UN 3 tahun terakhir |
|||||||||||
RKJM |
|||||||||||
|
|
2.) Mampu dan terampil dalam membangun tim kerja yang efektif untuk mendapatkan produk kinerja yang lebih unggul |
Terdapat struktur organisasi yang dilengkapi dengan distribusi dan deskripsi pembagian tugas |
Bagan / struktur organisasi |
|
|
|
v |
|||
SK |
|||||||||||
Tugas dan informasi |
|||||||||||
Pedoman monitoring dan evaluasi kerja |
|||||||||||
Pedoman reward dan punishment |
|||||||||||
3.) Mampu menerapkan berbagai teknik pembaharuan dalam pengelolaan pembelajaran |
Terdapat penerapan strategi pembaharuan dengan strategi terprogram |
Dokumen kurikulum |
|
|
|
v |
|||||
Kalender pendidikan |
|||||||||||
Perangkat pembelajaran |
|||||||||||
Penilaian |
|||||||||||
Peraturan akademik |
|||||||||||
Notulen diskusi evaluasi rutin pembelajaran |
|||||||||||
4.) Mampu mengembangkan potensi dan meningkatkan prestasi madrasah |
Dokumen bukti perkembangan potensi dan prestasi peserta didik yang meningkat dari waktu ke waktu |
Data prestasi madrasah 1 tahun terakhir |
|
|
|
v |
|||||
Data hasil UN 1 tahun terakhir |
|||||||||||
Dokumen akreditasi |
|||||||||||
Program ekstrakurikuler |
|||||||||||
Program unggulan madrasah |
|||||||||||
1.3 |
Mengelola hubungan antara madrasah dan masyarakat dalam rangka pencarian dukungan ide, sumber belajar, dan pembiayaan |
1.) Merencanakan kerjasama dengan lembaga pemerintah, swasta, dan masyarakat |
Data kerjasama dengan lembaga pemerintah, swasta, dan masyarakat |
SK Komite Madrasah |
|
|
v |
|
|||
AD/ART komite madrasah |
|||||||||||
Program kerja komite madrasah |
|||||||||||
Laporan kegiatan komite madrasah |
|||||||||||
Dokumen tertulis kerja sama (MOU) |
|||||||||||
Foto-foto |
|||||||||||
Laporan kegiatan |
|||||||||||
2.) Melakukan pendekatan-pendekatan dalam rangka mendapatkan dukungan dari lembaga pemerintah, swasta, dan masyarakat |
Dokumen program kerja sama dengan pemerintah, swasta, dan masyarakat |
Program kegiatan kerja sama |
|
|
|
v |
|||||
Foto kegiatan |
|||||||||||
Jadwal kegiatan |
|||||||||||
Laporan kegiatan |
|||||||||||
|
|
3.) Memanfaatkan dan memelihara hubungan kerjasama dengan lembaga pemerintah, swasta, dan masyarakat |
Data hasil kerjasama dengan lembaga pemerintah, swasta, dan masyarakat |
Laporan kegiatan kerja sama |
|
|
|
v |
|||
Laporan monitoring / evaluasi kegiatan |
|||||||||||
Dokumentasi foto / video pelaksanaan kerjasama |
|||||||||||
1.4 |
Mengelola proses pencapaian 8 SNP sesuai dengan arah dan tujuan pendidikan nasional |
1.) Mengaplikasikan pengembangan kurikulum yang mengacu kepada standar isi |
Dokumen analisis SNP dalam hal standar isi |
Kurikulum |
|
|
|
v |
|||
Kalender pendidikan |
|||||||||||
Perangkat pembelajaran |
|||||||||||
Pedoman penilaian |
|||||||||||
Peraturan akademik |
|||||||||||
Buku kerja guru |
|||||||||||
Dokumen rapat penyusunan kurikulum (daftar hadir, daftar peserta, foto) |
|||||||||||
2.) Mengaplikasikan pengembangan proses pembelajaran yang mengacu kepada standar proses |
Dokumen analisis SNP dalam hal standar proses |
Dokumen pengembangan silabus |
|
|
|
v |
|||||
RPP |
|||||||||||
Struktur kurikulum |
|||||||||||
Pembagian jam mengajar |
|||||||||||
Jadwal mengajar |
|||||||||||
RPE |
|||||||||||
Buku teks |
|||||||||||
Jurnal mengajar guru |
|||||||||||
Data siswa per kelas |
|||||||||||
Dokumen supervisi (laporan pemantauan pembelajaran, laporan evaluasi pembelajaran dan rencana tindak lanjut) |
|||||||||||
|
|
3.) Mengaplikasikan sistem penilaian pembelajaran yang mengacu kepada standar penilaian |
Dokumen analisis SNP dalam hal standar penilaian |
Instrumen penilaian |
|
|
v |
|
|||
Kisi-kisi soal |
|||||||||||
Kumpulan naskah soal |
|||||||||||
Analisis butir soal |
|||||||||||
Dokumen analisis hasil belajar siswa |
|||||||||||
Laporan hasil belajar siswa |
|||||||||||
Tindak lanjut hasil penilaian |
|||||||||||
Dokumen pelaksanaan PAS |
|||||||||||
Dokumen pelaksanaan PAT |
|||||||||||
4.) Melaksanakan penjaminan mutu pencapaian standar kompetensi lulusan |
Dokumen analisis SNP dalam hal standar kompetensi lulusan |
Dokumen program kegiatan kesiswaan |
|
|
v |
|
|||||
Laporan kegiatan kesiswaan |
|||||||||||
Dokumentasi kegiatan kesiswaan |
|||||||||||
Laporan kegiatan pembiasaan siswa |
|||||||||||
Dokumen kegiatan literasi |
|||||||||||
Data rata-rata hasil ujian 2 tahun terakhir |
|||||||||||
Data prestasi akademik 2 tahun terakhir |
|||||||||||
Data prestasi non akademik 2 tahun terakhir |
|||||||||||
1.5 |
Mengelola unit layanan khusus madrasah dalam mendukung kegiatan pembelajaran dan kegiatan peserta didik di madrasah |
1.) Mampu mengelola laboratorium madrasah agar dapat dimanfaatkan secara optimal untuk kepentingan pembelajaran peserta didik |
Adanya bukti pemanfaatan laboratorium dalam pembelajaran, jadwal, kegiatan, dll. |
Luas sesuai standar |
|
v |
|
|
|||
Sarana pendukung laboratorium |
|||||||||||
Program kerja laboratorium |
|||||||||||
Jurnal dan laporan pengelolaan laboratorium |
|||||||||||
2.) Mampu mengelola perpustakaan madrasah dalam menyiapkan sumber belajar yang diperlukan oleh peserta didik |
Adanya bukti pemanfaatan perpustakaan dalam pembelajaran, jadwal, kegiatan, dll. |
Luas sesuai standar |
|
v |
|
|
|||||
Sarana pendukung |
|||||||||||
Daftar buku induk perpustakaan |
|||||||||||
Laporan pengelolaan perpustakaan |
|||||||||||
Program kerja perpustakaan |
|||||||||||
|
|
3.) Mampu mengelola usaha madrasah untuk pembelajaran peserta didik dan pemasukan tambahan dana bagi madrasah |
Adanya bukti kegiatan usaha madrasah dalam pembelajaran |
Data / laporan kegiatan usaha madrasah |
|
|
v |
|
|||
Dokumentasi kegiatan (foto / video) |
|||||||||||
4.) Mampu mengelola koperasi madrasah baik sebagai media praktik maupun sebagai sumber belajar bagi peserta didik |
Adanya bukti pemanfaatan koperasi dalam pembelajaran, jadwal, kegiatan, dll. |
Instrumen hasil praktik pembelajaran |
|
|
v |
|
|||||
Foto kegiatan praktik |
|||||||||||
AD/ART koperasi |
|||||||||||
Laporan RAT |
|||||||||||
1.6 |
Mengelola sistem informasi madrasah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan |
1.) Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam manajemen madrasah |
Adanya bukti pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam manajemen madrasah |
Fasilitas teknologi dan informasi |
|
|
|
v |
|||
Sumber daya informasi |
|||||||||||
Website madrasah |
|||||||||||
Pedoman Sistem Informasi Madrasah |
|||||||||||
2.) Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran, baik sebagai sumber belajar maupun sebagai alat / media pembelajaran |
Adanya bukti pemanfaatan teknologi infomrasi dan komunikasi sebagai sumber belajar dan media pembelajaran |
Ketersediaan komputer |
|
|
|
v |
|||||
Jaringan internet |
|||||||||||
Website madrasah |
|||||||||||
Alamat email madrasah |
|||||||||||
Pemanfaatan TIK untuk pembelajaran (observasi / wawancara) |
|||||||||||
3.) Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam menjalin kerjasama dengan pihak lain |
Adanya bukti pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam menjalin kerja sama dengan pihak lain |
Pengelolaan SIM |
|
|
|
v |
|||||
Fasilitas SIM |
|||||||||||
Surat tugas pengelola SIM |
|||||||||||
Pelaporan data dan informasi |
|||||||||||
Program kerjasama |
|||||||||||
MOU |
|||||||||||
Observasi dan wawancara |
|||||||||||
4.) Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam promosi program madrasah dan prestasi yang telah dicapai |
Adanya bukti pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam promosi program madrasah dan prestasi yang dicapai |
Pengelolaan SIM |
|
|
v |
|
|||||
Fasilitas SIM |
|||||||||||
Surat tugas pengelola SIM |
|||||||||||
Pelaporan data dan informasi |
|||||||||||
Program promosi |
|||||||||||
Observasi dan wawancara |
|||||||||||
1.7 |
Memanfaatkan kemajuan teknologi informasi bagi peningkatan pembelajaran dan manajemen madrasah |
1.) Mampu mengembangkan sistem administrasi pengelolaan secara efektif dengan dukungan penerapan teknologi informasi dan komunikasi |
Terdapat penerapan TIK (berbasis komputer, SD, jejaring intranet, internet) dalam pengelolaan administrasi persuratan, sarana prasarana, kepegawaian, kepeserta didikan, dan keuangan |
Jumlah komputer dan LCD yang cukup |
|
|
|
v |
|||
Memiliki jaringan internet |
|||||||||||
Memiliki web madrasah |
|||||||||||
Memiliki email madrasah |
|||||||||||
Laporan absensi elektronik |
|||||||||||
Dokumen lain pemanfaatan TIK untuk administrasi madrasah |
|||||||||||
2.) Mengelola administrasi pembelajaran secara efektif dengan dukungan penerapan teknologi informasi dan komunikasi |
Model penerapan TIK dalam pengelolaan administrasi kurikulum dan pembelajaran, misalnya : pengelolaan kurikulum berbasis komputer, inttranet, dan internet |
Jumlah komputer dan LCD yang cukup |
|
|
|
v |
|||||
Memiliki jaringan internet |
|||||||||||
Pemanfaatan TIK untuk pembelajaran (seperti etmodo, google, classroom, dll.) |
|||||||||||
Pengelolaan penilaian secara online |
|||||||||||
3.) Mampu mengembangkan sistem pengelolaan perpustakaan secara efektif dengan dukungan penerapan teknologi informasi dan komunikasi |
Model pemanfaatan TIK dalam sistem pengelolaan perpustakaan berbasis komputer, intranet, dan internet |
Katalog digital |
|
|
|
v |
|||||
BSE |
|||||||||||
Akses internet |
|||||||||||
Komputer |
|||||||||||
Dokumen aplikasi layanan perpustakaan |
0 Response to "INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA KEPALA MADRASAH (PKKM) BAGIAN SATU TENTANG USAHA PENGEMBANGAN MADRASAH SECARA ONLINE"
Post a Comment