INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA KEPALA MADRASAH (PKKM) BAGIAN SATU TENTANG USAHA PENGEMBANGAN MADRASAH SECARA ONLINE

 


INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA KEPALA MADRASAH

BAGIAN SATU TENTANG USAHA PENGEMBANGAN MADRASAH

 

 

 

No.

Tugas Utama / Unsur Tugas Utama

Indikator Kinerja

Data Yang Diharapkan

Bukti Hasil kinerja

Hasil Kinerja*

1

2

3

4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1.     USAHA PENGEMBANGAN MADRASAH

1.1

Mengembangkan madrasah sesuai dengan kebutuhan

1.)   Mampu mengembangkan struktur organisasi yang sesuai dengan kebutuhan program

Dokumen struktur madrasah

Bagan / struktur organisasi

 

 

 

v

Notulen rapat keputusan tentang penyusunan struktur organisasi

Dokumen sosialisasi

Daftar hadir

2.)   Mampu menempatkan personalia yang sesuai dengan kebutuhan

Dokumen uraian tugas personalia di madrasah

Dokumen penetapan / pengesahan susunan organisasi

 

 

 

v

Rincian tugas setiap personil pada struktur organisasi madrasah

SOP personalia

Sertifikat

3.)   Mampu mengembangkan pedoman dan prosedur kerja organisasi madrasah

Pedoman dan prosedur kerja organisasi madrasah

Dokumen SOP madrasah / pedoman Sistem Informasi Madrasah

 

 

v

 

1.2

Mengelola perubahan dan pengembangan madrasah menuju organisasi pembelajar yang efektif

1.)   Mampu mengembangkan program baru untuk meningkatkan pencapaian target yang lebih tinggi

Program pengembangan madrasah mengandung target pencapaian pada indikator keunggulan khas satuan pendidikan, kerja sama tim, dan data realisasi target yang meningkat dari pada pencapaian sebelumnya

Visi dan misi madrasah

 

 

 

v

Data prestasi madrasah

Data hasil UN 3 tahun terakhir

Data alumni

RKJM

 

 

2.)   Mampu dan terampil dalam membangun tim kerja yang efektif untuk mendapatkan produk kinerja yang lebih unggul

Terdapat struktur organisasi yang dilengkapi dengan distribusi dan deskripsi pembagian tugas

Bagan / struktur organisasi

 

 

 

v

SK

Tugas dan informasi

Pedoman monitoring dan evaluasi kerja

Pedoman reward dan punishment

3.)   Mampu menerapkan berbagai teknik pembaharuan dalam pengelolaan pembelajaran

Terdapat penerapan strategi pembaharuan dengan strategi terprogram

Dokumen kurikulum

 

 

 

v

Kalender pendidikan

Perangkat pembelajaran

Penilaian

Peraturan akademik

Notulen diskusi evaluasi rutin pembelajaran

4.)   Mampu mengembangkan potensi dan meningkatkan prestasi madrasah

Dokumen bukti perkembangan potensi dan prestasi peserta didik yang meningkat dari waktu ke waktu

Data prestasi madrasah 1 tahun terakhir

 

 

 

v

Data hasil UN 1 tahun terakhir

Dokumen akreditasi

Program ekstrakurikuler

Program unggulan madrasah

1.3

Mengelola hubungan antara madrasah dan masyarakat dalam rangka pencarian dukungan ide, sumber belajar, dan pembiayaan

1.)   Merencanakan kerjasama dengan lembaga pemerintah, swasta, dan masyarakat

Data kerjasama dengan lembaga pemerintah, swasta, dan masyarakat

SK Komite Madrasah

 

 

v

 

AD/ART komite madrasah

Program kerja komite madrasah

Laporan kegiatan komite madrasah

Dokumen tertulis kerja sama (MOU)

Foto-foto

Laporan kegiatan

2.)   Melakukan pendekatan-pendekatan dalam rangka mendapatkan dukungan dari lembaga pemerintah, swasta, dan masyarakat

Dokumen program kerja sama dengan pemerintah, swasta, dan masyarakat

Program kegiatan kerja sama

 

 

 

v

Foto kegiatan

Jadwal kegiatan

Laporan kegiatan

 

 

3.)   Memanfaatkan dan memelihara hubungan kerjasama dengan lembaga pemerintah, swasta, dan masyarakat

Data hasil kerjasama dengan lembaga pemerintah, swasta, dan masyarakat

Laporan kegiatan kerja sama

 

 

 

v

Laporan monitoring / evaluasi kegiatan

Dokumentasi foto / video pelaksanaan kerjasama

1.4

Mengelola proses pencapaian 8 SNP sesuai dengan arah dan tujuan pendidikan nasional

1.)   Mengaplikasikan pengembangan kurikulum yang mengacu kepada standar isi

Dokumen analisis SNP dalam hal standar isi

Kurikulum

 

 

 

v

Kalender pendidikan

Perangkat pembelajaran

Pedoman penilaian

Peraturan akademik

Buku kerja guru

Dokumen rapat penyusunan kurikulum (daftar hadir, daftar peserta, foto)

2.)   Mengaplikasikan pengembangan proses pembelajaran yang mengacu kepada standar proses

Dokumen analisis SNP dalam hal standar proses

Dokumen pengembangan silabus

 

 

 

v

RPP

Struktur kurikulum

Pembagian jam mengajar

Jadwal mengajar

RPE

Buku teks

Jurnal mengajar guru

Data siswa per kelas

Dokumen supervisi (laporan pemantauan pembelajaran, laporan evaluasi pembelajaran dan rencana tindak lanjut)

 

 

3.)   Mengaplikasikan sistem penilaian pembelajaran yang mengacu kepada standar penilaian

Dokumen analisis SNP dalam hal standar penilaian

Instrumen penilaian

 

 

v

 

Kisi-kisi soal

Kumpulan naskah soal

Analisis butir soal

Dokumen analisis hasil belajar siswa

Laporan hasil belajar siswa

Tindak lanjut hasil penilaian

Dokumen pelaksanaan PAS

Dokumen pelaksanaan PAT

4.)   Melaksanakan penjaminan mutu pencapaian standar kompetensi lulusan

Dokumen analisis SNP dalam hal standar kompetensi lulusan

Dokumen program kegiatan kesiswaan

 

 

v

 

Laporan kegiatan kesiswaan

Dokumentasi kegiatan kesiswaan

Laporan kegiatan pembiasaan siswa

Dokumen kegiatan literasi

Data rata-rata hasil ujian 2 tahun terakhir

Data prestasi akademik 2 tahun terakhir

Data prestasi non akademik 2 tahun terakhir

1.5

Mengelola unit layanan khusus madrasah dalam mendukung kegiatan pembelajaran dan kegiatan peserta didik di madrasah

1.)   Mampu mengelola laboratorium madrasah agar dapat dimanfaatkan secara optimal untuk kepentingan pembelajaran peserta didik

Adanya bukti pemanfaatan laboratorium dalam pembelajaran, jadwal, kegiatan, dll.

Luas sesuai standar

 

v

 

 

Sarana pendukung laboratorium

Program kerja laboratorium

Jurnal dan laporan pengelolaan laboratorium

2.)   Mampu mengelola perpustakaan madrasah dalam menyiapkan sumber belajar yang diperlukan oleh peserta didik

Adanya bukti pemanfaatan perpustakaan dalam pembelajaran, jadwal, kegiatan, dll.

Luas sesuai standar

 

v

 

 

Sarana pendukung

Daftar buku induk perpustakaan

Laporan pengelolaan perpustakaan

Program kerja perpustakaan

 

 

3.)   Mampu mengelola usaha madrasah untuk pembelajaran peserta didik dan pemasukan tambahan dana bagi madrasah

Adanya bukti kegiatan usaha madrasah dalam pembelajaran

Data / laporan kegiatan usaha madrasah

 

 

v

 

Dokumentasi kegiatan (foto / video)

4.)   Mampu mengelola koperasi madrasah baik sebagai media praktik maupun sebagai sumber belajar bagi peserta didik

Adanya bukti pemanfaatan koperasi dalam pembelajaran, jadwal, kegiatan, dll.

Instrumen hasil praktik pembelajaran

 

 

v

 

Foto kegiatan praktik

AD/ART koperasi

Laporan RAT

1.6

Mengelola sistem informasi madrasah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan

1.)   Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam manajemen madrasah

Adanya bukti pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam manajemen madrasah

Fasilitas teknologi dan informasi

 

 

 

v

Sumber daya informasi

Website madrasah

Pedoman Sistem Informasi Madrasah

2.)   Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran, baik sebagai sumber belajar maupun sebagai alat / media pembelajaran

Adanya bukti pemanfaatan teknologi infomrasi dan komunikasi sebagai sumber belajar dan media pembelajaran

Ketersediaan komputer

 

 

 

v

Jaringan internet

Website madrasah

Alamat email madrasah

Pemanfaatan TIK untuk pembelajaran (observasi / wawancara)

3.)   Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam menjalin kerjasama dengan pihak lain

Adanya bukti pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam menjalin kerja sama dengan pihak lain

Pengelolaan SIM

 

 

 

v

Fasilitas SIM

Surat tugas pengelola SIM

Pelaporan data dan informasi

Program kerjasama

MOU

Observasi dan wawancara

4.)   Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam promosi program madrasah dan prestasi yang telah dicapai

Adanya bukti pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam promosi program madrasah dan prestasi yang dicapai

Pengelolaan SIM

 

 

v

 

Fasilitas SIM

Surat tugas pengelola SIM

Pelaporan data dan informasi

Program promosi

Observasi dan wawancara

1.7

Memanfaatkan kemajuan teknologi informasi bagi peningkatan pembelajaran dan manajemen madrasah

1.)   Mampu mengembangkan sistem administrasi pengelolaan secara efektif dengan dukungan penerapan teknologi informasi dan komunikasi

Terdapat penerapan TIK (berbasis komputer, SD, jejaring intranet, internet) dalam pengelolaan administrasi persuratan, sarana prasarana, kepegawaian, kepeserta didikan, dan keuangan

Jumlah komputer dan LCD yang cukup

 

 

 

v

Memiliki jaringan internet

Memiliki web madrasah

Memiliki email madrasah

Laporan absensi elektronik

Dokumen lain pemanfaatan TIK untuk administrasi madrasah

2.)   Mengelola administrasi pembelajaran secara efektif dengan dukungan penerapan teknologi informasi dan komunikasi

Model penerapan TIK dalam pengelolaan administrasi kurikulum dan pembelajaran, misalnya : pengelolaan kurikulum berbasis komputer, inttranet, dan internet

Jumlah komputer dan LCD yang cukup

 

 

 

v

Memiliki jaringan internet

Pemanfaatan TIK untuk pembelajaran (seperti etmodo, google, classroom, dll.)

Pengelolaan penilaian secara online

3.)   Mampu mengembangkan sistem pengelolaan perpustakaan secara efektif dengan dukungan penerapan teknologi informasi dan komunikasi

Model pemanfaatan TIK dalam sistem pengelolaan perpustakaan berbasis komputer, intranet, dan internet

Katalog digital

 

 

 

v

BSE

Akses internet

Komputer

Dokumen aplikasi layanan perpustakaan

 

0 Response to "INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA KEPALA MADRASAH (PKKM) BAGIAN SATU TENTANG USAHA PENGEMBANGAN MADRASAH SECARA ONLINE"

Post a Comment