PENCAPAIAN PERKEMBANGAN PAUD USIA 2-3 TAHUN
ASPEK PERKEMBANGAN
|
STANDAR PERKEMBANGAN
|
PERKEMBANGAN DASAR
|
INDIKATOR
|
MORAL DAN NILAI-NILAI AGAMA
|
Anak mampu meniru secara sederhana perilaku keagamaan yang dilihat dan
didengarnya, mengekspresikan rasa sayang atau cinta kasih sayangnya serta
mulai meniru perilaku baik dan sopan
|
Dapat meniru perilaku keagamaan secara sederhana
|
·
Menyebut nama Tuhan
· Mengikuti
bacaan doa/berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
· Menyanyikan
lagu keagamaan
· Mengucapkan
salam keagamaan
|
Dapat mengekpresikan rasa sayang atau cinta kasih sesamanya
|
· Menunjukkan
rasa sayang dan cinta kasih melalui belaian/ rangkulan
· Menyayangi
binatang
· Memelihara
tanaman
· Suka
menolong teman
|
||
Dapat meniru perilaku yang baik dan sopan
|
· Mengucapkan
salam, terima kasih, minta tolong secara sederhana
· Mau
menjawab sapaan dengan ramah
|
||
SOSIAL, EMOSIONAL, DAN KEMANDIRIAN
|
Anak mampu beriteraksi, dan menunjukkan reaksi emosi yang wajar,
mengenal tagungjawab, mulai menunjukkan kemandirian, disiplin, dan percaya
diri
|
Dapat berinteraksi dengan lingkungan terdekat
|
· Mulai
menunjukkan senang bermain dengan teman
· Merespon terhadap beberapa nama teman bermain
· Senang
meniru apa yang dilakukan orang lain
· Mau
menyapa teman
|
· Dapat
menunjukkan keinginannya
|
· Mau
memilih sesuatu yang disukai
· Mempertahankan
hak milik
· Menunjuk
benda miliknya
|
||
Dapat mengenal diri dan lingkungan Terdekat
|
· Menunjuk
orang-orang yang terdekat
· Menyebutkan ciri-ciri dirinya
· Menyebutkan idintitas dirinya
|
||
Dapat menunjukkan kemandirian
|
· Dapat
ditinggalkan oleh orangtuanya
· Memilih
kegiatan sendiri
· Mulai
dapat menggunakan toilet (wc) namun masih dibantu/diingatkan
· Makan
dan minum sendiri
|
||
Dapat mengekpresikan emosi secara wajar
|
· Menunjukkan
ekspresi emosi yang wajar ketika mengalami ketidaknyamanan (Misal: Diganggu
temannya)
· Menunjukkan
ekspresi emosi yang wajar ketika mengalami kegembiraan (Misal: Melihat hal
yang lucu)
|
||
Mulai menunjukkan sikap kedisiplinan
|
· Menyimpan
mainannya sendiri
· Mulai
mengikuti aturan sederhana
|
||
Mulai menunjukkan percaya diri
|
· Berani
mengungkapkan perasaannya
· Berani
menampilkan kemampuaannya
|
||
BAHASA
|
Anak mampu mendengarkan dan berkomunikasi secara lisan dengan
kalimat sederhana
|
Dapat mendengarkan
informasi lisan
|
· Mendengarkan
cerita
· Mendengarkan
lagu-lagu
· Melaksanakan
perintah sederhana
· Merespon
ketika namanya dipanggil
|
Dapat mengungkapkan keinginannya melalui ungkapan sederhana
|
· Mengucapkan
kalimat dengan 2-3 kata (Contoh: Saya mau makan, dll.)
· Menjawab pertanyaan sederhana “apa, siapa, dimana”
· Menggunakan
kata ganti "aku"
· Menyebutkan
nama diri
· Meniru dan
mengulangi bunyi dan atau kata
· Menceritakan
pengalaman sehari-hari secara sederhana
|
||
Dapat mengenal lambang (pramembaca)
|
· Menunjukkan
lambang suatu benda (Contoh: mengenal lambang/logo dari produk makanan,
minuman yang dikenal anak, dll.)
· Mengemukakan
kembali cerita yang digemari
· Memilih-milih
buku/media cetak lainnya menurut kesukaannya
· Meminta
tolong kepada orang dewasa untuk menuliskan cerita gambar yang dibuatnya
|
||
Dapat membuat coretan-coretan (pramenulis)
|
· Menghasilkan
coretan dengan menggunakan berbagai alat tulis
·
Menghasilkan garis-garis dengan alat tulis
|
||
KOGNITIF
|
Anak mampu mengenal benda dan memanipulasi
objek/benda
|
Dapat mengenal benda
|
· Menyebutkan benda-benda di sekitar
· Menyebutkan
berbagai bentuk benda
· Membedakan
warna yang dikenalnya
· Membedakan
ukuran benda (besar-kecil)
· Membedakan
rasa dan bau
· Membedakan
konsep buka-tutup. depan-belakang, keluar-masuk
|
Dapat menggunakan benda
|
· Menyusun
benda ke atas dan ke samping
· Memasang
puzzel 3 keping
· Membilang
1-5 (tanpa mengenal konsep)
· Mengenal
konsep 1-2
· Membedakan
banyak-sedikit, sama- tidak sama
· Membedakan
bunyi –bunyian
· Mulai
dapat menggunakan alat untuk memperoleh sesuatu yang berada di luar
jangkauannya (Contoh: meraih benda dengan menggunakan alat bantu)
· Membangun
balok dan merobohkannya
· Menyodok,
menjatuhkan, mendorong, menarik, dan meremas benda untuk melihat apa yang
akan terjadi
·
Mulai dapat menempatkan benda pada tempat tempat yang sesuai (Contoh:
Membuang sampah di tempat sampah, menyimpan mainan ditempatnya, dll.)
|
||
Dapat mengenal ciri-ciri benda/orang
|
·
Mulai mengenal jenis kelamin
·
Menyebutkan bagian tubuh secara sederhana
|
||
FISIK/MOTORIK
|
Anak mampu melakukan
gerak dasar sederhana
|
Dapat melakukan gerakan di tempat (tidak berpindah)
|
·
Meniru gerakan senam sederhana
· Mengekspresikan
diri lewat seni musik, dengan berbagai gerakan
|
Dapat melakukan gerak
berpindah tempat
|
·
Berjalan dengan kontrol yang baik
·
Berlari lurus ke depan
·
Melompat turun dari ketinggian 10-20 cm dengan dua kaki
·
Merayap dan merangkak lurus ke depan
·
Menghindari rintangan ketika berjalan
·
Melompat ke depan dengan dua kaki bersama-sama
·
Menirukan gerakan binatang dan tanaman
·
Naik turun tangga dengan berpegangan
|
||
Dapat memainkan benda menggunakan tangan atau kaki
|
·
Menggulirkan bola dengan satu/dua tangan
·
Melempar bola dengan satu atau dua tangan
·
Memasukkan bola ke dalam keranjang
·
Menangkap bola besar yang dilambungkan dengan dua tangan
·
Menendang bola
·
Memegang benda dengan benar
·
Mengaduk cairan dengan berbagai alat
·
Menuang (air, beras, biji-bijian)
·
Meraup pasir, biji-bijian, beras
|
||
Anak mampu menunjukan kontrol dan koordinasi antara tangan dan mata
|
Dapat melakukan koordinasi mata dan jari-jari untuk kelenturan otot
|
·
Merobek dengan jari
·
Menggunakan lima jari untuk meremas-remas sesuatu
·
Menggunakan dua jari untuk memegang sesuatu
·
Melipat kertas tak beraturan
·
Menggunting kertas tak beraturan
·
Menggunakan kuas,spidol dan krayon untuk mencoret-coret bebas
·
Meronce dengan manik-manik yang besar
·
Membedakan permukaan benda melalui perabaan
|
|
Anak mampu menunjukkan kesehatan fisik dan kebersihan dirinya secara
sederhana
|
Menjaga kesehatan fisik diri sendiri
|
·
Mau makan makanan yang bergizi
·
Menutup mulut ketika batuk atau menguap
|
|
Menjaga kebersihan dirinya
|
·
Menggosok gigi sendiri (dengan pengawasan)
·
Mandi pada waktunya
·
Makan sendiri dengan dibantu
·
Mau cuci tangan sebelum dan sesudah makan
|
||
SENI
|
Anak Mampu melakukan berbagai gerakan anggota tubuhnya sesuai dengan
irama dan dapat mengekspresikan diri dalam bentuk goresan sederhana
|
Dapat bergerak bebas mengikuti irama musik
|
· Bertepuk
tangan mengikuti irama musik
· Menari
mengikuti irama musik
· Memukul-mukul
benda menurut irama musik
|
|
Dapat mengekspresikan diri dalam bentuk coretan sederhana
|
·
Mengekspresikan diri melalui gambar sederhana
·
Mengekspresikan imajinasinya dalam bentuk coretan atau gambar
|
0 Response to "MODEL PENCAPAIAN PERKEMBANGAN PAUD USIA 2-3 TAHUN"
Post a Comment