SOAL UJIAN FIQIH KELAS 12 (DUA BELAS) MADRASAH ALIYAH NURUSSYAHID KERTAJATI BAB V KAIDAH USHULIYAH

 

SOAL UJIAN FIQIH KELAS 12 (DUA BELAS) MADRASAH ALIYAH NURUSSYAHID KERTAJATI BAB V  KAIDAH USHULIYAH


1.      Amr yang terdapat pada firman Allah ta’ala, ”فأتوا بسورة من مثله ” menunjukkan arti...
a. Ibahah
b. Ikram
c. Tahdid
d. Ta’jiz
e. Irsyad

 

2. Menurut pendapat mayoritas ulama, amr yang tidak disertai dengan qarinah
(indikasi) yang dapat memalingkan makna aslinya ke makna yang lain menunjukkan arti...
a. Sunnah
b. Mubah
c. Mustahab
d. Wajib

e. Jawaban A dan C benar

 

3. Amr yang sebelumnya didahului dengan larangan, sebagaimana sabda Rasulullah Saw.”
.فكلوا وادخروا ,كنت نهيتكم عن ادخار لحوم الأضاحي من أجل الدافة التي دفت
menurut pandapat mayoritas ulama menunjukkan hukum...
a. Sunnah
b. Mubah
c. Mandub
d. Makruh
e. Wajib

 

4. الأمر لا يقتضي الفور فى الأصل. Maksud dari qaidah ushuliyyah ini adalah...
a. Perintah mutlak yang tidak disertai dengan qarinah (indikasi) menunjukkan bolehnya sesuatu yang diperintahkan untuk dikerjakan
b. Prosedur perintah senantiasa datang dari yang lebih tinggi kepada yang lebih rendah
c. Hukum asal perintah adalah wajib
d. Perintah mutlak harus dilaksanakan sesegera mungkin
e. Perintah yang tidak disertai dengan qarinah (indikasi), tidak mengharuskan
pelaksanaan ma’mur bih (satu hal yang diperintahkan) secepat mungkin

 

1.    Perintah terhadap sesuatu merupakan larangan tentang satu hal yang menjadi
lawannya. Qaidah ushuliyah yang merangkum makna pernyataan di atas adalah...
a.
عمّا سواه هالأمر بالشيء ن
b.
الأمر بالشيء لا يقتضي التكرار
c.
عن ضدّ ه نىالأمر بالشيء ه
d.
بوسائله هالأمر بالشيء ن
e.
الأمر بالشيء أمر بوسائله

 

2.      Nahi (larangan) yang terdapat pada firman Allah,
لا تسئلوا عن أشياء إن تبد لكم تسؤكم. menunjukkan arti...
a. Ta’dzim
b. Tahrim
c. Irsyad
d. Karahah
e. Tahdid

 

3.      Semua lafadh di bawah ini adalah lafadh ‘am, kecuali...
a. Lafadh mufrad yang dima’rifatkan dengan “al”
b. Lafadh jama’ yang menggunakan alif lam jinsiyyah
c. Lafadh mufrad yang menggunakan alif lam jinsiyyah
d. Lafadh kullun yang diidhafahkan
e. Lafadh tatsniyyah

8. Lafadh ‘am adalah lafadh yang mengandung pengertian umum tanpa batas, yang seluruh anggota lafadh tersebut tercakup di dalamnya dengan sekali sebut. Kalimat “dengan sekali sebut” pada definisi lafadh ‘am di atas, untuk membedakan lafadh tersebut dengan lafadh...
a. Muqayyad
b. Musytarak
c. Mujmal
d. Mutlaq
e. Khos

 

9. Memalingkan lafadh ‘am dari keumumannya, dengan mengeluarkan sebagian
anggota yang ia miliki sehingga keterkaitan hukum terbatas pada anggota lafadh
‘am yang tersisa disebut...
a. Bayan al-mukhassis
b. Taqyid al-‘am
c. Takhsish al-‘am
d. Taqsim al-‘am
e. Al-‘amal bi ‘umum al-‘am

10. Kategori mukhassis yang tidak bisa berdiri sendiri, dan maknanya senantiasa terkait dengan lafadh sebelumnya disebut...
a. Al-mukhassis al-mufarraq
b. Al-mukhassis al-muttasil
c. Al-mukhasissis al-mubayyan
d. Al-mukhassis al-munfasil
e. Al-mukhassis al-muqayyid


Jawablah dengan singkat!
1.
الى الادنى عالامر طلب الفعل من الا adalah definisi dari ....
2. Bentuk lafal amar di antaranya dapat dinyatakan dengan ....................., dan .................
3.
عن الشئ امر بضده هالن adalah kaidah nahi yang berarti ...............
4. Yang dimaksud dengan lafaz ‘amm adalah ....................
5. Al- Qur’an hanya dapat ditakhsis oleh ................ dan ....................
6. Lafadh yang belum jelas yang tidak dapat menunjukkan arti yang sebenarnya apabila
tidak ada keterangan lain yang menjelaskannya adalah pengertian dari ....
7. Lafadh
يسجد mempunyai dua arti yang sama-sama hakiki, maka ia disebut ....
8. Pengertian dari lafaz mutlaq adalah ....
9. Di antara syarat ta’wil adalah .............. dan ....................
10. Yang dimaksud dengan mafhum mukhalafah adalah .....

Jawablah Pertanyaan Berikut denga Jelas!
1. Berilah contoh lafadh mutlaq dari al Qur’an!
2. Sebutkan contoh lafadh muqoyyad dari al Qur’an!
3. Sebutkan contoh makna mafhum dari firman Allah!
4. Apakah pengertian mujmal? Jelaskan!
5. Apakah pengertian mubayan? Jelaskan!

Kunci jawaban dalam bahan ajar:
1. D 6. C
2. D 7. E
3. B 8. B
4. D 9. C
5. C 10. B

Kunci Jawaban singkat:
1. Amr
2. fi’il amar, masdar, jumlah khabariyah
3. Perintah terhadap sesuatu larangan terhadap lawannya
4. umum
5. al-Qur’an dan sunnah
6. mujmal
7. musytarok
8. lafadz yang tidak terikat
9. syarat takwil berdasarkan dalil yang shahih tidak bertentangan dengan nash yang qath’i
10. yang dipahami beda dengan yang ditampilkan

Kunci jawaban uraian:
1. QS. Al Mujadalah (58) : 3,
Orang-orang yang menzhihar isteri mereka, kemudian mereka hendak menarik kembali apa yang mereka ucapkan, maka (wajib atasnya) memerdekakan seorang budak

2. Contohnya dalam QS. An Nisa’ (4): 92 :

Dan tidak layak bagi seorang mukmin membunuh seorang mukmin (yang lain), kecuali karena tersalah (tidak sengaja), dan barangsiapa membunuh seorang mukmin karena tersalah (hendaklah) ia memerdekakan seorang hamba sahaya yang beriman


3. Contoh Mafhum di antaranya adalah sebagai berikut

4. Secara bahasa mujmal berarti samar-samar dan beragam/majemuk. Mujmal ialah
suatu lafal yang belum jelas, yang tidak dapat menunjukkan arti sebenarnya apabila
tidak ada keterangan lain yang menjelaskan.


5. Pengertian Mubayyan
Mubayyan artinya yang dinampakkan dan yang dijelaskan, secara istilah berarti lafadz yang dapat dipahami maknanya berdasar asal awalnya atau setelah dijelaskan oleh lainnya. Al Bayyan artinya ialah penjelasan, di sini maksudnya ialah menjelaskan lafal atau susunan yang mujmal.

 

0 Response to "SOAL UJIAN FIQIH KELAS 12 (DUA BELAS) MADRASAH ALIYAH NURUSSYAHID KERTAJATI BAB V KAIDAH USHULIYAH"

Post a Comment