PROFIL WIRAUSAHA
1.
Nama Lengkap : Neneng Irawati
2.
NIK : 3210144205940001
3.
Tempat, Tanggal Lahir : Majalengka,02 Mei 1994
4.
Jenis Kelamin : P
5.
Agama : Islam
6.
Alamat
Tinggal : Blok Kedawung RT/RW
007/004 Desa Pasiripis,
Kecamatan Kertajati.
7.
Nomor Telp/HP : 082311642310.
8.
Nomor Whatsapp (WA) : 082311642310 (wajib ada)
9.
Email : 860@gmail.com
10.
Nomor Rekening Bank : 4293-01-015328-53-1
11.
Bank : BRI
12.
Pendidikan Formal
Tingkat
|
Nama Institusi
Pendidikan
|
Tahun
|
SD
|
SDN 1 Pasiripis
|
|
SLTP
|
MTS N Kertajati
|
|
SLTA
|
SMA N 1 Jatitujuh
|
|
D-I/II/III/IV
|
-
|
|
S-1/2/3
|
STAI-PUI Majalengka
|
|
13.
Pendidikan Non-Formal/Pelatihan/Kursus
Kewirausahaan
Nama
Pendidikan/ Pelatihan/Kursus Kewirausahaan
|
Penyelenggara
|
Tahun
|
Pelatihan di BIJB Kertajati
|
Umkm
BIJB
|
2018
|
Pelatihan Guru MA Nurussyahid
|
Kemenag Majalengka
|
2018
|
|
|
|
|
|
|
14.
Pengalaman Bekerja/Berwirausaha
Nama
Perusahaan/Jenis Usaha
|
Jabatan/Deskripsi
Tugas
|
Tahun
|
Khazanah
|
Owner
|
2015
|
|
|
|
|
|
|
15. Motivasi menjadi seorang Wirausaha Muda
Keluarga adalah motivasi yang paling besar
awal saya memulai usaha dan salah salah satu kegemaran saya yaitu perdagang
karena dapat berinteraksi ataupun bertukar pengalaman dengan orang-orang
sekitar , saya ingin mandiri dan bermanfaat bagi orang-orang di sekeliling saya
dan ingin lebih produktif lagih.
16.
Bagaimanakah karakter dan apa sajakah
keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang Wirausaha Muda menurut Saudara(i)
?
Harus Berani dan lakukan tanpa tapi dan nanti
selagi ada peluang dan kesempatan yang diberikan, keterampilan yang harus
dimiliki yaitu Manajemen pengelolaan keuangan dalam proses Produksi dan
pemasaran agar lebih meningkat.
17.
Apakah karakter dan keterampilan tersebut (pada
poin 16 di atas) sudah dimiliki oleh Saudara(i) ?
◻ Ya ◻ Tidak ◻ Ragu-ragu
18.
Apa motivasi Saudara mengikuti Pemilihan
Wirausaha Muda Unggulan Tahun 2019? Apa yang akan dilakukan jika terpilih
menjadi Pemenang?
Motivasi saya yaitu ingin menambah ilmu lagi dan ingin
memperkenalkan produk saya dan apakah bisa di anggap layak atau tidak untuk
lebih dipasarkan secara luas.
Jika saya terpilih menjadi pemenang saya akan
lebih memproduktifkan produksi lagi dengan menambah beberapa orang untuk membantu proses
produksi agar bisa menstok ke toko-toko.
19.
Gambarkan diri Saudara(i) dalam 5 kata ?
1. Sehat
2. .kuat
3.
.Berani
4.
.melow
5. Pendiam
PROFIL USAHA/BISNIS
20.
Jenis Usaha : ◻ Perdagangan Umum/Jasa
◻ Industri/Produksi
◻ Jasa Boga/Kuliner/Makanan
◻ Pertanian/Perkebunan/Peternakan/Perikanan
◻ Lainnya, yaitu
21.
Nama Usaha : KUA (Kacang umpet asooy)
22.
Lama Usaha : 3 Tahun, sejak Tahun 2015
23.
Alamat Usaha : Blok Kedawung RT/RW 007/004
Desa Pasiripis
Kec
Kertajati , Kab Majalengka.
24.
Telepon/Faximile : 082311642310
25.
eMail Usaha :
26.
Website :
27.
Instagram : snack_majalengka_
28.
Omzet per-tahun : Rp.
29.
Wilayah Pemasaran : ◻lokal ◻regional ◻nasional ◻internasional
30.
Jumlah Karyawan : Tetap
1 orang; Tidak Tetap orang
31.
Proses Produksi (bahan baku dan teknologi)
Proses produksi masih dilakukan secara manual dengan dibantu satu Orang.
Berikut beberapa proses Produksi yang dilakukan:
1. Proses pengumpulan Bahan
·
Mentega
·
Terigu
·
Minyak goring
·
Kacang tanah
·
Garam dan penyedap rasa
·
Bawang putih
·
Air
2. Pencampuran dan pengulenan (Memasukan semua bahan dan adonan)
3. Penggilingan Bahan
4. Pembagian bahan/pembentukan kulit KUA
5. Penggorengan
6. proses penambahan Varian rasa.
7. Proses Pengemasan kedalam kemasan standing pouch
8. proses pengemasan.
32.
Stategi Pemasaran
Strategi pemasaran yang saya lakukan yaitu dengan memiliki dua cara
yaitu online dan offline dengan target pelanggan nya yaitu:
1. first target adalah anak-anak muda milenial (SMA/Mahasiswa/i)
2. secondary target yaitu toko-toko disekitar wilayah majalengka,
seperti toko oleh-oleh.
33.
Sarana dan Prasarana Usaha yang Dimiliki
Sarana dan prasarana yang saya miliki untuk saat ini hanya memiliki satu
mesin penggiling dan untuk pekerjaan produksi baru dibantu satu orang pekerja.
Dimana proses produksi ini saya kerjakan dirumah hanya dengan alat seadanya.
34.
Uraian dengan singkat sejarah berdiri/dimulainya
usaha ini hingga berkembang seperti sekarang.
Usaha produksi cemilan ini pada dasarnya saya jalankan ketika saya masih
berstatus sebagai mahasiswi dimana pada saat itu saya selalu menyempatkan waktu
luang kuliah dibarengi juga usaha/dagang dari mulai kueh-kueh, hijab dan
cemilan KUA ini yang awalnya tidak memiliki nama, beberapa tahun inih mulai
tahun 2018 saya dan sodara saya memiliki ide untuk memberikan nama agar lebih
dikenal dan unik, atas dasar ituh saya beserta sodara memberikan nama KUA
(Kacang Umpet Asooy) karena menurut kami mudah diingat dan menyesuaikan dengan
mayoritas banyaknya anak muda Milenial yang selalu merasa tertarik dengan
nama-nama yang tidak biasa, juga akhir tahun 2018 saya mengikuti pelatihan umkm
di BIJB Kertajati dimana pada saat itu saya hanya mengemas cemilan KUA inih
dengan plastik dan label biasa, setelah saya ikut pelatihan di BIJB
Alhamdulillah saya diberikan/dibantu dibuatkan label dan dibantu dalam proses
perijinan P-IRT nya, yang pada saat inih masih menunggu proses perijinan P-IRT
nya keluar. Saya juga diberikan masukan agar praktis dan menarik menggunakan Standing
pouch, Alhamdulillah setelah proses pelatihan ituh saya mencoba mengemas
menggunakan standing pouch dan respon nya Alhamdulillah cukup baik dan mulai
banyak pelanggan yang mencoba untuk menjadi reseller KUA inih dan coba
mempromosikannya di offline ataupun di online. Saya berharap usaha ini bisa
lebih berkembang lagih dan lebih memperkenalkan
KUA inih buatan asli Majalengka
35.
Pernah mendapatkan Penghargaan/ Menjuarai (Juara 1)
kompetisi sejenis?
◻ Ya ◻ Tidak
36.
Rencana Pengembangan Usaha
·
Rencana jangka pendek saya yaitu ingin
memproduksi KUA ini agar bisa menstok di
toko-toko oleh-oleh wilayah majalengka.
·
Rencana jangka panjang yang ingin saya lakukan
yaitu ingin lebih mengenalkan produk saya supaya lebih dikenal tidak hanya
dilingkungan tempat tinggal, supaya meluas didaerah majalengka bahkan ingin
mengenalkan keluar daerah supaya lebih dikenal luas bahwa KUA ituh produk Asli
buatan Majalengka.
37.
Kontribusi terhadap lingkungan sekitar tempat
usaha (sosial)
Untuk sekarang mungkin kontribusi saya belum
begitu terlihat untuk masyarakat dilingkungan saya namun untuk kedepannya saya
akan berusaha dan bekerja lebih keras lagih untuk lebih mempromosikan dan
mengenalkan produk KUA ini, agar saya bisa lebih bermanfaat lagih dan
memproduktifkan ibu-ibu/anak-anak muda
yang ada dilingkungan saya untuk sama-sama bekerja dan mendapatkan keuntungan
dari usaha saya.
Majalengka, Mei 2019
Calon Peserta,
(................................................................)
0 Response to "Model Profil Calon Peserta Usaha/Bisnis (Company Profile) Peserta Pemilihan Wirausaha Muda Unggulan Kabupaten Majalengka Tahun 2019"
Post a Comment