KATA PENGANTAR
Puji dan syukur kehadirat Allah SWT ,
atas segala karunia dan rahmatNya ,
sehingga saya dapat menyelesaikan laporan praktek kerja industry di PD.BPR
MAJALENGKA kantor cabang ligung walaupun kami banyak melewati langkah-langkah
yang cukup menyulitkan Alhamdulillah laporan ini dapat di selesaikan .
Laporan ini tidak akan selesai
apabila tidak ada dukungan dari pihak lain. Untuk itu saya ucapkan banyak
terima kasih kepada banyak pihak yang telah banyak membantu kami, di antaranya
:
1.
Bapak
ODONG ABDURRAHMAN,S.Pd, selaku kepala sekolah MA Nurussyahid Kertajati
2.
Ibu
DEWI MAYASARI , selaku pembimbing dari sekolah
3.
Bapak
USEP WIRA SANTIKA, selaku pimpinan cabang
4.
Bapak
IDA HIDAYAH, selaku pembimbing dari perusahaan
Saya
menyadari bahwa dalam menyusun laporan ini masih terdapat kekurangan, seperti
pepatah ‘’setiap orang mempunyai kelemahan dan kelebihan masing-masing “. Oleh
karena itu , saya sangat mengharapkan kritik dan saran dimasa yang akan datang.
Akhir kata saya mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak
yang telah mendukung dan memotivasi dalam penyusunan laporan ini.
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
1.1. LLatar
Belakang.................................................................................................................................
1.2. MMaksud
dan Tujuan Praktik Prakerin..............................................................................................
1.3. LLokasi
dan Waktu Prakerin...............................................................................................................
BAB II
GAMBARAN PERUSAHAAN
2.1.
Sejarah Perusahaan..........................................................................................................................
2.2.
Visi dan Misi Perusahaan...................................................................................................................
2.3.
Aspek Pemasaran.............................................................................................................................
2.4.
Sistem Akuntansi Yang Digunakan.....................................................................................................
2.5.
Produk-Produk Perusahaan..............................................................................................................
BAB III PELAKSANAAN KERJA PRAKTIK
3.1.
Peserta Prakerin...............................................................................................................................
3.2.
Kegiatan Prakerin..............................................................................................................................
3.3.
Hasil Kegiatan Prakerin......................................................................................................................
3.4.
Manfaat Prakerin..............................................................................................................................
BAB IV PENUTUP
4.1. KESIMPULAN....................................................................................................................................
BAB I
ATAR
BELAKANG
Sekolah merupakan sarana pendidikan sebagai tempat belajar
–mengajar untuk menghasilkan siswa –siswi yang unggul dan berprestasi .dan SMK
merupakan tingkat lanjut setelah SMP.
Kurikulum SMK berbeda dengan SMA , karena di SMK siswa-siswi di
siapkan untuk bisa terjun langsung ke dunia kerja sebagai pendidikan system
ganda ( PSG ) , untuk membandingkan ilmu pengetahuan yang di peroleh di bangku
sekolah dengan kenyataan di lapangan . siswa-siswi di latih dengan di adakannya
PRAKERIN. Dengan harapan mendapatkan pengalaman langsung dalam tuntunan dunia
kerja sesuai dengan kualifikasi pendidikan yang di peroleh di bangku sekolah
dengan jelas dan bukan sekedar teori saja .beberapa perusahaan yang ada di
berbagai daerah.
Latar belakang dari pembuatan laporan ini adalah sebagai bukti
pelengkap bahwa kami telah melaksanakan PRAKERIN di PD. BPR MAJALENGKA kantor
cabang ligung selama 3 bulan di mana praktek kerja lapangan ini di adakan
setiap awal semester 4 yang bertujuan
agar setelah siswa-siswi lulus di harapkan dapat bekerja sesuai dengan jurusan
masing-masing / dapat juga meneruskan ke perguruan tinggi .
1.1.
MAKSUD DAN
TUJUAN
Maksud dan tujuan yang paling utama dari praktek kerja industri
yaitu memenuhi syarat untuk mengikuti uji kompetensi , dan UAS ( Ujian Akhir
Semester ) , selain itu adapun metode tujuannya di antaranya :
1. untuk
memenuhi salah satu tugas dari sekolah
2. untuk
memenuhi kecakapan hidup
3. untuk
melatih diri agar terbiasa di dunia kerja
4. untu mengolah
pikiran menjadi dewasa
5. untuk
melatih diri bagaimana cara berkomunikasi
yang baik di tempat kerja
1.2.
LOKASI DAN
WAKTU PRAKERIN
Saya
melaksanakan kegiatan PRAKERIN di PD,BPR SUKAHAJI Kantor Cabang Ligung yang
beralamat di Jl. Raya Ligung No.12, selama
tiga bulan terhitung dari tanggal 2
Januari 2018 sampai 31Maret 2018.
BAB II
2.1. SEJARAH PERUSAHAAN
PD. BPR
SUKAHAJI memiliki tujuh kantor cabang diantaranya adalah kantor cabang ligung.
Yang berdiri pada tahun 1974 dengan nama PD. BANK KARYA PRODUKSI DESA (BKPD)
LIGUNG. Dan berubah nama menjadi PD. BPR SUKAHAJI dengan izin Deputi Bank
Indonesia dengan keputusan no. 10/7/KEPDPG/2008 pada tanggal 13 mei 2008, dan
secara resmi tanggal 2 juli 2008 PD.BPR SUKAHAJI di kabupaten majalengka
digabung menjadi PD. BPR SUKAHAJI, tujuan penggabungan ini untuk menjadikan PD.
BPR SUKAHAJI menjadi BPR yang handal, terbaik dan terpecaya di kabupaten
Majalengka.
Sebagai
salah satu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang kepemilikan sahamnya 100% dimiliki
oleh pemerintah kabupaten majalengka, BPR SUKAHAJI harus menjadi lembaga
keuangan yang efektif dan efisien, apa lagi dihubungkan otonomi daerah yang
menurut peraturan mentri dalam negeri no 22 tahun 2006 dan peraturan daerah
kabupaten Majalengka no 3 tahun 2007 tentang Perusahaan Daerah Bank Perkreditan
Rakyat (PD. BPR), selain sebagai salah satu kelengkapan otonomi daerah, maksud
dan tujuan didirikannya PD. BPR SUKAHAJI yaitu membantu dan mendorong
pertumbuhan perekonomian dan pembangunan daerah disegala bidang serta sebagai
salah satu sumber pendapatan asli daerah dalam rangka meningkatkan taraf hidup
rakyat terutama rakyat kabupaten majalengka.
Walaupun
sebagian masyarakat lebih mengenal Bank Perkreditan Rakyat (BPR) sebagai
pemberi kredit kepada pihak yang memerlukan, namun sebenarnya BPR berfungsi
sebagai lembaga perantara pihak-pihak yang memiliki kelebihan dana untuk
disimpan dalam bentuk tabungan atau deposito berjangka.
Keberadaan
dan fungsinya sebagai perantara inilah yang mendorong BPR tetap menyediakan
produk-produk yang bertujuan untuk menyalurkan dana kredit dengan berbagai
jenis dan jaminan.
2.2. VISI
& MISI PERUSAHAAN
VISI
Menjadi BPR
yang sehat & kuat dengan asset terbesar melalui jaringan terluas didukung
layanan terbaik.
MISI
Memberikan
layanan perbankan melalui system managemen mutu, service quality, SDM
berkompeten dan inspratuktur yang sesuai untuk menciptakan loyalitas nasabah
dalam rangka tumbuh berkembangnya perusahaan.
2.3. ASPEK
PEMASARAN
Produk-produk
yang telah disediakan BPR SUKAHAJI tidak akan berarti bagi masyarakat sekitar,
apabila produk BPR SUKAHAJI tersebut didiamkan saja (tidak dipasrahkan). Agar
produk-produknya dikenal dipasaran BPR SUKAHAJI menggunakan konsep bauran
pemasaran yang sering dikenal dengan istilah marketing mix yang berupa hal-hal
yang berkaitan dengan produk dan promosi seperti diantaranya mengeluarkan
produk-produk tabungan yang rendah biaya administratifnya dan mudah
persyaratannya seperti, Tabunganku, tabungan Tiara, dan tabungan Kotakmas, SIDASI,
dan TAHARA selain itu juga melayani penyimpanan uang dalam bentuk deposito
berjangka, selain itu juga melayani pembayaran listrik dan pengambilan uang
dalam bentuk Westren Union (WU). Selain itu juga menyediakan pinjaman dengan
tingkat bunga rendah dan persyaratan yang sangat mudah.
Aspek-aspek
pemasaran tersebut diperlukan oleh BPR SUKAHAJI untuk dapat memuaskan nasabah
dan calon nasabah baru sekaligus mencapai target yaitu berupa laba, target
volume kredit, target volume dana, target beberapa nasabah, dan lain-lain.
2.4. SISTEM
AKUNTANSI YANG DIGUNAKAN
Sistem
akuntansi yang digunakan yaitu system akuntansi perpetual dimana laporan
keuangan seperti Neraca dan Laba Rugi dibuat harian dan pemegang uang kas
dibagi dua yaitu kas kecil dan kas besar. Kas kecil digunakan untuk pengeluaran
yang tidak terlalu besar seperti pembelian alat tulis kantor dan dimana jumlah
uang kas kecil selalu sama setiap harinya. Sedangkan kas besar untuk
pengeluaran yang besar seperti pencairan kredit.
Sistem bunga
yang digunakan adalah system bunga anuitas/ menurun dimana meskipun setoran
setiap bulannya sama namun bunga akan menurun dan setoran pokok akan menambah .
Dan setiap debitur telah diasuransikan dengan uang muka dipotong dari pencairan
itu bertujuan untuk apa bila debitur mendapat musibah maka sisa pinjaman dapat
dibayar dari asuransi. Sistem penghitungan penyusutan menggunakan system garis
lurus dimana tariff penyusutan setiap bulannya sama.
SEJARAH
BERGANTI NAMA PERUSAHAAN
PD. BPR
SUKAHAJI yang kemudian berganti nama menjadi Perumda BPR Majalengka tanggal 21
agustus 2015, sebagai perusahaan daerah sebagai salah satu Badan Usaha Milik
Daerah (BUMD) mempunyai peran strategis dalam menciptakan pertumbuhan ekonomi
wilayah, pelayanan public dalam hal perbankan juga memberikan ruang bagi
lapangan pekerjaan serta memberikan kontribusi alam PAD.
PUD. BPR
Majalengka merupakan hasil penggabungan (merger) 7 bank yang meliputi PD. BPR
Rajagaluh, Cikijing, Bantarujeg, Kadipaten, Ligung, Jatitujuh dan ligung
kedalam PD. BPR SUKAHAJI, dan mulai beroprasi sejak tanggal 2 juli 2008 dengan
dasar hukum perda kabupaten majalengka No. 3 Tahun 2007 tentang pendirian PD.
BPR SUKAHAJI hasil merger, serta dilengkapi dengan izin bank Indonesia melalui
surat keputusan gubernur bank Indonesia tanggal 13 mei 2008. Modal dasar PD.BPR
SUKAHAJI memiliki modal dasar Rp. 10.000.000.000,- (Sepuluh Milyar Rupiah),
sesuai dengan anggaran dasarnya yaitu aturan daerah No.3 Tahun 2007 dan diganti
menjadi perda No.4 Tahun 2015 tentang perubahan nama PD. BPR SUKAHAJI
Majalengka menjadi Perumda BPR Majalengka. Didukung komitmen bersama pemegang
saham dan pengurus serta staf menjadikan PD. BPR SUKAHAJI sebagai suatu
perusahaan daerah penyumbang terbesar
Pendapatan Asli Daerah Tahun 2015 dan mampu bersaing didunia perbankan
dibandingkan dengan BPR lainnya yang ada di Majalengka.
2.5.PRODUK-PRODUK PERUSAHAAN
1. Priduk
Tabungan:
-Tabungan TIARA
-Tabungan Kotak Mas
-Tabungan SIDASI
-Tabungan TAPAQUR
-Tabungan TADABUR
-Tabunganku
2. Deposito
Deposito berjangka adalah simpanan yang penarikannya hanya dapat
dilakukan pada saat tanggal jatuh tempo sesuai dengan perjanjian yang
disepakati pihak bank dengan deposan, jangka waktu deposito berjangka adalah 1
bulan, 3 bulan, 6 bulan, 9 bulan, 12 bulan, 24 bukan.
3. Perkreditan
PD.BPR
Majalengka melayani pemberian kredit , Sektor-sektor kredit :
- sektor
pertanian
- sektor
industry
- sektor
perdagangan
- sektor
jasa-jasa, dan sector lainnya
BABIII
3.1.
PESERTA
PRAKERIN
Yang mengikuti kegiatan PRAKERIN di PD.BPR Majalengka kantor
Cabang Ligung berjumlah 1 orang, yaitu :
1. Nurhayati
3.2.
KEGIATAN
PRAKERIN
1. Melayani
Nasabah (Menuliskan Slip Transaksi Setoran dan Penarikan).
2. Menghitung
dan Merapihkan Uang Kertas Maupun Uang Logam.
3. Membantu
CUSTOMER SERVICE (Mengisi Formulir Pembukaan Rekening Tabungan, Formulir
Penutupan Rekening Tabungan dan Deposito, dan Formulir Permohonan Kredit.
4. Mencari
Berkas Lama Maupun Berkas Yang Baru Diarsipkan Sesuai Dengan Nomor PK Yang
Tertera Dalam Kwitansi Angsuran.
5. Transaksi
Tabungan Kolektif.
6. Prin Buku
Tabungan.
7. Menscan
Berkas-berkas Nasabah Maupun Berkas Pegawai.
8. Menyusun
Slip TransaksiSetoran dan Penarikan.
9. Menstempel
Slip Transaksi dan Berkas.
10.
Mengarsip Aplikasi Tabungan,laporan teller,tanda terima buku
tabungan.
11.
Kelapangan Setor Antar cabang
12.
Mengisi Mutasi Vault Teller
3.3.
HASIL
KEGIATAN PRAKERIN
Hasil kegiatan yang kami dapatkan selama kegiatan prakerin adalah
sebagai berikut :
a) menambah
wawasan
b) mengetahui
secara langsung bekerja di lapangan
c) mengetahui
tentang informasi perusahaan tersebut
d) member
gambaran nyata tentang dunia kerja yang sesungguhnya
e) mengenal
langsung lapangan pekerjaan yang akan di hadapinya sesuai dengan program
keahlian masing-masing
f) meningkatkan
kedisiplinan dalam melakukan pekerjaan,sikap,dan perilaku
3.4.
MANFAAT
PRAKERIN
Manfaat bagi siswa :
a) menambah
wawasan dalam dunia kerja
b) mengenal
dunia kerja yang sesungguhnya
manfaat bagi sekolah :
a) menciptakan
kerja sama yang baik dengan dunia usaha
b) bekerja sama
dalam mengembangkan potensi siswa siswi dalam bidang kejuruan masing masing
Manfaat bagi dunia industry :
a) merasa
terbantu adanya siswa siswi prakerin.
b) Mengurangi
beban pekerjaan para karyawan.
BAB IV
KESIMPULAN
Dengan adanya prektik kerja
industry saya dapat mengambil kesimpulan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat
bagi siswa siswi Sekolan Menengah Kejuruan (SMK). Pengalaman kerja yang
didapatkan akan membuat siswa memiliki keahlian yang professional dalam
bidangnya dan mendidik para siswa untukmemiliki rasa disiplin dan tanggung
jawab yang tinggi.
SARAN:
1. Bagi
Sekolah:
a. Hendaknya
memilih tempat prekerin yang jaraknya tidak terlalu jauh dari tempat tinggal
siswa.
b. Hendaknya
penempatan peserta prakerin disesuaikan dengan program keahliannya.
c. Hendaknya
tetap menjaga hubungan baik dengan perusahaan prakerin dengan PERUMDA BPR
MAJALENGKA CAB. LIGUNG.
2. Bagi
Perusahaan:
a. Mengharap
menerima adik adik kelas kami yang akan melakukan kegiatan prakerin juga yang
membutuhkan bimbingan praktik.
b. Terus
tingkatkan kinerja agar mampu mencapai visi dan misinya menjadi BPR terbaik.
0 Response to "LAPORAN PRAKERIN/PKL MA NURUSSYAHID KERTAJATI DI BPR LIGUNG ( LAPORAN NURHAYATI) "
Post a Comment