Ujian Lisan Karya Ilmiah Hasil Kegiatan Prakerin Di Kantor PT Wika PP ( PT. yang bergerak
dalam Pembangunan Bandara BIJB)Peserta didik MA Nurussyahid Kertajati
LAPORAN SUPERVISI AKADEMIK
MA NURUSSYAHID KERTAJATI
MAJALENGKA
SEPTEMBER - OKTOBER 2017
I. Pendahuluan
Dalam rangka meningkatkan
kualitas pembelajaran menuju standar proses perlu dilakukan upaya yang
sistematis dan berkelanjutan, diantaranya melalui program supervisi akademik
terhadap guru mata pelajaran dan guru pembimbing. Supervisi akademik mencakup
kurikulum, kegiatan belajar mengajar, dan pelaksanaan bimbingan dan konseling.
Tujuan utama supervisi akademik adalah perbaikan proses belajar mengajar untuk
meningkatkan mutu proses dan mutu hasil pembelajaran..
Sasaran utama supervisi akademik
adalah kemampuan guru dalam merencanakan kegiatan pembelajaran, melaksanakan
kegiatan pembelajaran, menilai hasil pembelajaran, memanfaatkan hasil penilaian
untuk peningkatan layanan pembelajaran, menciptakan lingkungan belajar yang
menyenangkan, memanfaatkan sumber belajar yang tersedia, dan mengembangkan
interaksi pembelajaran (strategi, metode, teknik) yang tepat. Supervisi
akademik didukung oleh instrumen-instrumen yang sesuai.
Supervisi akademik melalui
pendekatan klinis diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran, siswa
akan terlayani secara baik untuk meningkatkan kemampuan sesuai potensinya,
serta meningkatkan prestasi dan prosentase lulusan dari satuan pendidikan.
II. Dasar Hukum
a. Peraturan
Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi
b. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13
Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi dan Kompetensi Kepala Sekolah
c. Peraturan
Menteri Pendidikan Nasional Nomor 19 Tahun 2007 Tentang Standar Pengelolaan
d. Peraturan
Menteri Pendidikan Nasional Nomor 41 Tahun 2007 Tentang Standar Proses
e. Program
Kerja MA Nurussyahid Kertajati pada Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2017/2018
III. Tujuan supervisi
a. Meningkatkan
kompetensi guru dalam merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran di
kelas.
b. Meningkatkan
manajemen dan administrasi guru kelas maupun guru mata pelajaran.
c. Meningkatkan
layanan profesionalisme guru kepada peserta didik
d. Mengevaluasi
kinerja guru dalam rangka pembinaan guru.
IV. Teknik supervisi
Supervisi dilakukan secara individual dan kelompok.
Supervisi individual dilakukan terhadap guru sasaran melalui observasi kelas,
supervisi kelompok dilakukan melalui pertemuan secara periodik sebelum dan
setelah dilakukan supervisi individual terhadap pembinaan yang sifatnya umum.
V. Sasaran obyek kegiatan dan subyek
Sasaran obyek supervisi adalah
kemampuan guru dalam merencanakan pembelajaran dan kemampuan guru melaksanakan
pembelajaran yang berorientasi pada student
center, kontekstual, dan PAKEM . Subyek
supervisi adalah semua guru kelas dan guru mata pelajaran.
VI. Waktu pelaksanaan dan supervisor
Waktu
pelaksanaan supervisi pada semester ganjil dilakukan pada bulan September
sampai Oktober, sedangkan pada
semester genap dilakukan pada bulan Maret sampai April. Petugas
supervisi (supervisor) dilakukan oleh
kepala Madrasah Aliyah Nurussyahid bekerjasama dengan Pengawas pembina Madrasah dan guru senior yang
sesuai dengan mata pelajaran yang di supervisi.
VII. Lampiran-Lampiran
a.
Jadwal Supervisi
b.
Instrumen Hasil Penilaian supervisi
c.
Form Rekapitulasi hasil supervise
d.
Foto Kegiatan Supervisi Guru Kelas/Guru Mata Pelajaran
Kepala Madrasah,
ODONG
ABDURRAHMAN, S.Pd.I, S.Pd
NUPTK : 14448755657200003
0 Response to "MODEL LAPORAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA MADRASAH ALIYAH NURUSSYAHID KERTAJATI MAJALENGKA TAHUN 2017"
Post a Comment