Model Contoh hasil analisis Program Supervisi Tahun pada Nurussyahid Kertajati Majalengka ( Bab I )

Peserta Didik MA Nurussyahid Kertajati Angkatan pertama sebanyak 27 Orang 
Alhamdulillah mereka sudah bekerja sebagai bentuk Berbakti pada orang tua



BAB 1
P E N D A H U L U A N

A. Latar Belakang.
Permendiknas Nomor 13 Tahun 2007 menyatakan bahwa seorang Kepala Madrasah harus menguasai Standar Kompetensi Kepala Madrasah yang terdiri atas: kompetensi kepribadian, kompetensi manajerial, kompetensi supervisi, kompetensi kewirausahaan dan kompetensi sosial. Penjabaran kompetensi supervisi pada intinya adalah supervisi akademis dimana langkah-langkah yang dilakukan adalah merencanakan program supervisi akademik dalam rangka peningkatan profesionalisme guru, melaksanakan supervisi akademik terhadap guru dengan menggunakan pendekatan dan teknik supervisi yang tepat serta menindaklanjuti hasil supervisi akademik terhadap guru dalam rangka peningkatan profesionalismenya.
 Mencermati hasil analisis Program Supervisi Tahun pada Nurussyahid Kertajati Majalengka secara umum ditemukan beberapa kelemahan yang perlu diperbaiki bagi peningkatan kualitas pembelajaran sekaligus peningkatan profesionalisme guru, seperti : pengembangan indikator dan materi pembelajaran, penggunaan metode pembelajaran yang belum variatif, lemahnya penguasaan guru dalam model-model pembelajaran aktif, dan sebagainya. Karena itu dalam rangka melaksanakan tugas Kepala Madrasah sebagai Supevisor/Penyelia maka perlu disusun program supervisi yang secara menyeluruh dan sistematis menjabarkan rencana kegiatan yang akan dilakukan serta apa tindak lanjut dari hasil supervisi setelah kegiatan dilakukan agar terjadi perbaikan yang signifikan dalam kegiatan akademis di MA Nurussyahid Kertajati Majalengka.

B. Landasan Hukum
1. Undang Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
2. Undang Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
3. Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
4. Permendiknas RI Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Kepala Madrasah / Madrasah
5. Permendiknas RI Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru
6.  Permendiknas RI Nomor 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan

C. Tujuan.
Penyusunan Program Supervisi Tahun 2017 pada MA Nurussyahid Kertajati Majalengka ini bertujuan sebagai berikut :
1. Acuan bagi pelaksanaan kegiatan supervisi di lingkungan MA Nurussyahid Kertajati Majalengka
2. Meningkatkan profesionalisme guru dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pendidik
3. Meningkatkan kualitas proses pembelajaran pada setiap mata pelajaran yang bermuara pada peningkatan kualitas tamatan.
4. Selain supervisi akademis , program supervisi ini juga dilengkapi dengan supervisi manajerial pada setiap unit kegiatan di lingkungan MA Nurussyahid Kertajati Majalengka yang merupakan supervisi internal dalam rangka meningkatkan kualitas pengelolaan unit kegiatan dan administrasi Madrasah

D. Ruang Lingkup
Adapun ruang lingkup Program Supervisi Tahun 2017 pada MA. Nurussyahid Kertajati Majalengka adalah :
1. Supervisi Akademis :
a. Pengembangan Silabus/ Perumusan Indikator
b. Pengembangan RPP/Materi Pembelajaran
c. Peningkatan Penguasaan Metode Pembelajaran
d. Peningkatan Penguasaan Model Model Pembelajaran
e. Peningkatan Penguasaan Sistem Penilaian Hasil Belajar
f.  Pelaksanaan Pembelajaran
g. BK/Pengembangan Diri

2. Supervisi Internal Manajerial :
a. Administrasi Tata Usaha
b. Kurikulum
c. Kesiswaan/Ekstra Kurikuler
d. Sarana/Prasarana
e. Humas/Hubungan Industri
f.  Perpustakaan
g. Koperasi Madrasah/Koperasi Siswa
h. Lingkungan/Budaya Madrasah


Top of FormBottom of FoTop of Form

0 Response to "Model Contoh hasil analisis Program Supervisi Tahun pada Nurussyahid Kertajati Majalengka ( Bab I )"

Post a Comment