FORMAT B :
DAFTAR PERIKSA OBSERVASI
INSTRUMEN SUPERVISI AKADEMIK
1. Nama sekolah :
………………………………………………………………
2. Nama guru : ………………………………………………………………
3. Mata pelajaran :
………………………………………………………………
4. Kelas / semester : ………………………………………………………………
5. Hari/ tanggal/ jam ke :
………………………………………………………………
6. Kompetensi Dasar/ : ………………………………………………………………
Indikator P.Kompetensi
………………………………………………………………
7. Jumlah siswa : ………orang, hadir: ………orang, tidak hadir: ……. Orang
No
|
Aspek yang diamati
|
Ya
|
Tidak ada
|
Ket.
|
|
baik
|
perlu
diperbaiki
|
||||
PERSIAPAN
|
|||||
1
|
Program Tahunan
|
||||
2
|
Program Semester
|
||||
3
|
Silabus
|
||||
4
|
KKM untuk KD yang dibahas
|
||||
5
|
Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran
|
||||
6
|
Buku nilai memuat semua tagihan
yang telah dilaksanakan
|
||||
JUMLAH
I
|
|||||
II
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
||||
A
|
PENDAHULUAN
|
||||
1
|
Kesiapan alat bantu & media
pembelajaran
|
||||
2
|
Motivasi
|
||||
3
|
Apersepsi
|
||||
4
|
Kejelasan kompetensi dasar /
indikator
|
||||
5
|
Kesiapan bahan ajar
|
||||
JUMLAH
II A
|
|||||
B
KEGIATAN POKOK/INTI
|
|||||
1
|
Penguasaan materi
|
||||
2
|
Pengelolaan kelas
|
||||
3
|
Pengelolaan waktu
|
||||
4
|
Metode/ pendekatan yang
bervariasi
|
||||
5
|
Penggunaan alat bantu/media
pembelajaran
|
||||
6
|
Peran guru sebagai fasilitator
/bimbingan yang diberikan kepada peserta didik
|
||||
7
|
Teknik bertanya
|
||||
8
|
Penggunaan papan tulis/ white board
|
||||
9
|
Interaksi guru –peserta didik
|
||||
10
|
Interaksi antarpeserta didik
|
||||
11
|
Aktivitas peserta didik:
a. menggali informasi dari
berbagai sumber
|
||||
b. mengolah informasi/data
|
|||||
c. melakukan penelitian /
memecahkan masalah
|
|||||
d. berkomunikasi lisan/tertulis
(mempresentasikan hasil /pidato / mengarang, dsb)
|
|||||
e. mengajukan pertanyaan yang berbobot
/ide kreatif
|
|||||
f. menghubungkan materi
pembelajaran dengan budi pekerti / teknologi /kehidupan sehari-hari
/lingkungan
|
|||||
g. mengambil keputusan/menarik
kesimpulan
|
|||||
12
|
Sikap/ minat peserta didik
dalam pembelajaran:
a. kehadiran
|
||||
b. membawa buku pelajaran yang
relevan
|
|||||
c. buku catatan rapi
|
|||||
13
|
Pencapaian Kompetensi dasar dan
atau
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
||||
JUMLAH
II B
|
|||||
1
|
C
PENUTUP
Siswa membuat Rangkuman /
kesimpulan dibimbing guru
|
||||
2
|
Membersihkan alat/bahan yang
selesai digunakan
|
||||
3
|
Tugas untuk pertemuan
berikutnya
|
||||
JUMLAH
II C
|
|||||
JUMLAH
“Ya (ada), baik) SELURUHNYA
|
|||||
KUALIFIKASI
|
Catatan :
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Guru Kelas/Mata Pelajaran Penyelia
………………………………………. Odong Abdurrahman, S.Pd.I, S.Pd
0 Response to "MODEL INSTRUMEN SUPERVISI AKADEMIK ( FORMAT B DAFTAR PERIKSA OBSERVASI) "
Post a Comment