Laporan PKL/Praktek Kerja Lapangan Rudini Kelas X (Sepuluh) Siswa MA Nurussyahid Kertajati di Desa Mekarjaya Tahun 2019


Foto Anak Didik MA Nurussyahid Kertajati yang selalu semangat dalam beraktivitas membangun Bangsa

KATA PENGANTAR
Assalamualaikum Wr. Wb
Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan hidayahnya sehingga penulis dapat menyelesaikan Laporan Praktek Kerja Lapangan ini. Pada dasarnya, tujuan dibuatnya Laporan Praktek Kerja Lapangan ini adalah untuk memenuhi salah satu syarat dalam mengikuti Ujian Akhir Nasional dan Ujian Akhir Sekolah serta untuk melatih siswa/siswi membiasakan diri untuk membaca dan memahami keadaan lingkungan di luar sekolah penulis berharap dengan diselesaikan laporan ini, penulis dapat mengetahui lebih dalam mengenai dunia kerja/industri dalam hal ini Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.
Ucapan terima kasih penulis sampaikan kepada kedua orang tua atas izinnya, bekal dan doa yang telah diberikan dalam pelaksanaan PKL. Sekolah serta Bapak/Ibu guru yang dengan suka rela memberikan ilmu serta dukungan, juga tak lupa kepada pihak Kementerin Energi dan Sumber Daya Mineral yang telah menyediakan tempat serta sarana dan prasarana selama dalam proses pelaksanaan PKL yang dilaksanakan pada tanggal 21 Januari sampai dengan 23 maret. serta teman-teman semua yang telah menemani hai-hari penulis dalam PKL.
            Penulis berharap semoga dengan terselesaikannya laporan ini dapat menjadi titik tolak penulis untuk menjadi lebih maju dan bersungguh-sungguh. Penulis juga berharap semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi pembaca dalam menuju perubahan, Amin.
Sudah tentu kekurangan-kekurangan akan terdapat dalam laporan ini.
Karena itu, saran dan kritik yang sifatnya membangun dari setiap pembaca sangat penulis harapkan, demi kesempurnaan laporan ini
Wassalamu’alaikum Wr. Wb

BAB I
PENDAHULUAN
MA NURUSSYAHID adalah suatu Lembaga Pendidikan Kejuruan yang mempunyai tugas untuk dapat menghasilkan siswa-siswi yang terampil dalam bidang pengusaan Bisnis dan Manajemen dalam dunia kerja, tangguh, berdedikasi tinggi serta mampu berinteraksi dalam dunia kerja.
Di dalam mencapai tujuan yang mulia tersebut, maka setiap siswa/siswi kami harus menguasai berbagai kemampuan dan keterampilan dasar, serta harus memiliki wawasan ilmu pengetahuan yang luas dalam Ilmu Bisnis dan Manajemen.
Agar dapat mencapai tujuan tersebut, maka salah satu cara adalah dengan menerjunkan siswa/siswi kami langsung pada dunia kerja yang sebenarnya. Praktek Kerja Industri ini dilaksanakan untuk menambah keterampilan dan pengetahuan siswa/siswi kami dalam setiap praktek dan menerapkan teori-teori yang telah penulis dapat pada objek secara langsung.
Pengaturan pelaksanaan Praktek Kerja Industri dilakukan oleh sekolah dengan mempertimbangkan kesediaan lembaga atau dunia kerja untuk dapat menerima siswa/siswi kami yang akan melaksanakan Praktek Kerja Industri. Struktur program kurikulum, kalender pendidikan pada tahun ajaran tersebut akan disesuaikan dengan situasi dan kondisi keadaan setempat.
Dengan diadakannya Praktek Kerja Industri saat ini sangatlah baik dan berguna bagi setiap siswa/siswi MA NURUSSYAHID mendapatkan suatu gambaran yang nyata di dalam menjajaki dunia kerja dan menerapkan apa-apa yang telah didapatkan dari akademi pada pekerjaan yang akan digeluti, sehingga bila mereka terjun ke dunia kerja tidak mendapatkan kesulitan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja dapat menerapkan keahlian profesi yang dimiliki.

1.1  LATAR BELAKANG
            Profil Desa adalah dokumen informasi dsayang memuat arah kebijaksanaan pembangunan, arah kebijaksanaan keuangan, kebijakan umum, program pembangunan jangka menengah kabupaten.
Profil desa disusun menurut kebutuhan bukan sekedar keinginan yang jauh dari kenyataan dan kemampuan untuk mewujudkannya,
1.2  PENGERTIAN PRAKERIN/PKL
Prakerin adalah singkatan dari Praktek Kerja Industri, merupakan kegiatan yang harus dilakukan oleh siswa/siswi yang menuntut ilmu di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dimana sebagian bekal untuk terjun langsung kedalam dunia kerja sesuai dengan program studi. Pelaksanaan prakerin ditentukan oleh pihak sekolah dan instansi perusahaan yang akan menerima siswa/siswi MAyang melaksanakan Prakrin tersebut.

1.3  WAKTU PELAKSANAAN PRAKERIN/PKL
Pelaksanaan Praktek Kerja Industri ini dilaksanakan pada tanggal 21 Januari – 23 Maret 2019, di Kantor Balai Desa Mekarjaya
Lamanya waktu praktek kerja industri kurang lebih dua bulan.

1.4  TUJUAN PRAKERIN/PKL
Kegiatan Praktek Kerja Lapangan yang telah dilaksanakan untuk setiap siswa/siswi merupakan program keahlian yang tentunya mempunyai tujuan yang telah direncanakan dan diharapkan dapat dicapai oleh siswa.
Adapun tujuan penyelenggaraan Praktek Kerja Lapangan ini adalah untuk:
§  Menghasilkan tenaga kerja yang memiliki keahlian profesional dengan tingkat pengetahuan, dan etos kerja yang sesuai dengan tuntutan lapangan kerja.
§  Meningkatakan efisiensi proses pendidikan dan pelatihan-pelatihan tenaga kerja yang berkualitas profesional.
§   Memberikan pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai bagian proses pendidikan.
§   Membekali siswa dengan pengalaman-pengalaman yang sebenarnya di dalam dunia kerja, sebagai persiapan guna menyesuaikan diri dengan dunia kerja dan masyarakat.
§   Siswa dapat meningkatkan rasa percaya dirinya, dalam memecahkan berbagai masalah atau kesulitan yang ditemuinya.
§   Untuk merealisasikan pengetahuan yang didapat dari sekolah dengan pekerjaan yang sebenarnya di perusahaan.
§   Memperluas pandangan dan wawasan siswa terhadap jenis-jenis pekerjaan yang ada di bidang bersangkutan dan di tempat praktek dengan segala persyaratan.

1.5 MANFAAT PRAKERIN/PKL
Setiap kegiatan yang dilakukan pasti memiliki manfaat, demikian pula dengan kegiatan praktek kerja lapangan yang telah selesai dilaksanakan. Adapun manfaat dari kegiatan praktek kerja lapangan yang telah penulis laksanakan adalah sebagai berikut
§  Keahlian professional yang diperoleh dari praktek kerja lapangan, dapat meningkatkan rasa percaya diri, yang selanjutnya akan mendorong untuk meningkatkan keahlian professional pada tingkat yang lebih tinggi.
§   Melatih disiplin, tanggung jawab, inisiatif, kreatifitas, motivasi kerja, kerjasama, tingkah laku, emosi dan etika.
§   Menambah pengetahuan mengenai tugas dan Pekerjaan/kegiatan dalam suatu Instansi

1.6 INVENTARISASI PERALATAN DI KANTOR DESA

BAB II
TINJAUAN UMUM
SEJARAH BERDIRINYA DESA MEKARJAYA
2.1 SEJARAH SINGKAT
Sejarah Desa Mekarjaya  Kecamatan Kertajati Kabupaten Majalengka
Dahulu Kampung Sukawera, Sukarame, dan Sukabenda, Desa pasiripis, Kecamatan Jatitujuh, Kabupaten Majalengka, Luas tanahnya ± 700 Ha, Penduduknya berasal dari Desa Beber, Beusi, Buntu, Tegal Aren, Randegan, Cibogor, Wana Salam, Kecamatan Ligung, Desa Pangkalan Pari, Pandalem, Jati Raga, Sumber, Pilangsari, Kecamatan Jatitujuh, Desa Bongas Kecamatan Sumberjaya, Desa Tarikolot, Kecamatan Leuwimunding, Desa Cangko, Desa Rancajawat, Kabupaten Indramayu di perintahkan oleh Belanda ( Tuan Residen ) supaya membuka tanah hutan Kosambian yang terletak di sebelah utara Kabupaten Majalengka yang berbatasan dengan Kabupaten Indramayu, sekitar tahun 1931.

Pada tahun 1943 Kampung tersebut di bakar oleh Belanda dikarenakan, bahwa kampung tersebut disinyalir tempat persembunyian Tentara Indonesia dan dikenal dengan sebutan Tentara Gundul dan penduduk semuanya kembali ketempat asalnya.

Pada tahun 1956  Bupati Majalengka memerintahkan kepada Camat Jatitujuh, agar masyarakat membuka tanah kembali dengan Surat  Idzin  untuk membuka tanah  berdasarkan  Surat Keputusan Bupati tanggal 23 Juni 1956 Nomor B.1 /1248 / 22 / Agr. 56 dan secara administrative yang dahulunya Kampung Sukawera, Sukarame dan Sukabenda berubah dahulunya Desa Pasiripis menjadi  Desa Sukamulya pada waktu itu Kepala Desa Sukamulya adalah Bapak Kasman.

Pada tahun 1967 penduduk Kampung Sukawera, Sukarame dan Sukabenda secara paksa oleh Panglima Ibrahim Adji, Kampung tersebut untuk dikosongkan melalui Kepala Desa Sukamulya yaitu Bapak Kasman Karsuno yang rencananya akan dipindahkan untuk menempati tanah wilayah Cigolok Kabupaten Indramayu, akan tetapi Bupati Majalengka Bapak R. SALEH SEDIANA tidak mengijinkan untuk menempati ke Luar Kabupaten Majalengka, maka penduduk tersebut ditempatkan di tanah Perkebunan yang letaknya dilokasi Perkebunan bekas  Ex-Erfacht, Kampung Sukawera  menempati Dusun Kertamulya, Kampung Sukarame menempati  Dusun  Kertajaya yang sekarang Desa Mekarjaya untuk Kampung Sukabenda menempati Desa Pasiripis yang sekarang Desa Sukakerta  dahulunya Kecamatan Jatitujuh sekarang Kecamatan Kertajati.

Penduduk yang sudah ada sebelum perpindahan Kampung Sukawera dan Kampung Sukarame  yaitu  Kampung Hanja yang sekarang Dusun Wangunsari dan Kampung Maodin, yang penduduknya  berasal  dari  Jatiroke, Tanjungsari, Darmaraja, Situraja, Wado, Cipaku,Pakualam (Kabupaten Bandung dan Kabupaten Sumedang ).

Pada tahun 1977 – 1978  Kampung Gebang dipindahkan supaya dekat dengan Kampung Kertajaya, yang sekarang disebut Dusun Kertamukti.

Pada tanggal 29 November 1982, Desa  Palasah dimekarkan, dan pada saat itu pula Desa Mekarjaya berdiri dengan mempunyai wilayah teritorial  seluas  39.363.355 m2.

Pada tahun 1984 Desa Mekarjaya kedatangan penduduk alihan dari Desa Cipaku Kecamatan Darmaraja, Kabupaten Sumedang  yang akan dijadikan genangan Waduk Jatigede, yang sekarang Dusun Cipakujaya.

Pada tahun 2002, Desa Mekarjaya kedatangan penduduk exodan kerusuhan Aceh dan Kalimantan melalui Disnakertran Kabupaten Majalengka, yang sekarang UPT Sukamaju.

2.2 . VISI & MISI                  :

VISI DESA
:
“Mewujudkan Desa Mekarjaya yang Harmonis, Mandiri dan Agamis “

MISI DESA
:
1.
Meningkatkan tarap kehidupan masyarakat melalui peningkatan perekonomian, Pendidikan dan Kesehatan yang merata.
2.
Meningkatkan Kehidupan beragama yang berkualitas yang
diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.
 
3.
Meningkatkan pembangunan infrastruktur perdesaan sebagai
pendukung terhadappeningkatan social budaya dan
perekonomian masyarakat.

2.3 STRUKTUR ORGANISASI
Kepala Desa                            : Samsudin
Sekretasis                                : Edi Supriyadi
Kaur Umum                            : Wahyu Nugraha Hidayat
Kaur Aset Desa                       : Dede Sutrisno,S.KOM
Kaur Keuangan                       : Ristandi,S.I.P     
Kasi Pemerintahan                  : Carsono
Kasi Ekbang                            : Udin Haerudin
Kasi Kesra                               : Nurman Setia Alam
Kadus Kertajaya                     : Didi Muhidin
Kadus Kertamulya                  : Carsudin
Kadus Kertamukti                  : Hendi
Kadus Maodin                                    : Maman Suparman
Kadus Wangunsari                  : Sutoyo
Kadus Cipakujaya                   : Adang Kurna
Kadus UPT. Sukamaju           : Maskinah
                                                 
BAB III

TINJAUAN KHUSUS

3.1  KEGIATAN PRAKERIN/PKL
TANGGAL
KEGIATAN
21 Januari 2019
Pembukaan Prakerin
22  – 25 Januari 2019
Membatu Penyelenggaraan Rapat Pemerintahan Desa
28  – 01 Februari 2019
Mengelompokan dan Identitas Arsip
04  – 08 Februari 2019
Mendata
11  – 15 Februari 2019
Membuat Proposal Pertanian
18  – 22 Februari 2019
Membuat Daftar Arsip Sementara
25 –  01 Maret 2019
Menyortir Arsip dan Non Arsip
04 – 08 Maret 2019
Mengelompokan dan Identitas Arsip
11 – 15 Maret 2019
Membantu Menyelengarakan Rapat Pemilihan BPD
18 – 22 Maret 2019
Mendeskripkan Arsip
    23 Maret 2019
Penutupan Prakerin


BAB IV
PENUTUP
   

      3.2   KESIMPULAN

Kesimpulan dari laporan ini adalah :

Dari Prakerin yang telah kami  jalankan selama 2 bulan ini. Kami merasa mendapatkan ilmu yang sangat tak ternilai, banyak ilmu serta keterampilan yang Kami dapatkan. Di sini Kami bisa belajar dan mempraktekkan secara langsung bagaimana sistem kerja di dunia luar itu. Ternyata banyak pengalaman yang Kami dapatkan.
            Praktik kerja merupakan salah satu kegiatan atau program yang harus dilaksanakan oleh setiap siswa sebagai realisasi pembinaan dan pengembangan siswa di sekolah.
Selama melakukan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) Kami telah menemukan jati diri selama berada di instansi dan berinteraksi dengan masyarakat luas dan Kami mengerti akan pentingnya komunikasi dalam suatu dunia usaha. Dengan demikian Kami mengucapkan banyak terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungan dan bimbingan dari semua pihak terutama dari pihak sekolah dan Industri yang telah memberikan Kami kesempatan melaksanakan program Prakerin di Industri atau perusahaan.
3.3  SARAN
     a.    Untuk MA NURUSSYAHID:
      1.   Kami mengharapkan agar untuk ditahun selanjutnya siswa/i prakerin dapat di salurkan sesuai dengan kompetensi yang dimiliki.
      2.   Kami mengharapkan agar pihak sekolah untuk aktif memberikan peninjauan, agar dapat mengetahui kekurangan-kekurangan yang ada pada diri siswa yang sedang melaksanakan PRAKERIN maupun instansi tempat siswa melaksanakan PRAKERIN.
      3.   Kami mengharapkan agar pihak sekolah lebih meningkatkan kualitas SDM dan kurikulum pendidikan, agar dapat menghasilkan pekerja yang handal.
           b.       Untuk Kantor Kelurahan Mekarjaya
      1.   Semoga lebih maju, sukses dan lancar .
       2. Kami mengucapkan banyak terima kasih. Banyak pengetahuan serta     pengalaman yang  luar biasa yang tidak Kami peroleh di sekolah.
      3.  Kami juga minta ma’af, jika ada kesalahan. Baik yang Kami sengaja maupun tidak.

3.4  LAMPIRAN
  

Mekarjaya, 23 Maret 2019

                                                                                                           
     Penyusun,


DAFTAR ISI

Kata Pengantar
Daftar Isi
BAB I PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang Prakerin/PKL
1.2  Pengertian Prakerin/PKL
1.3  Waktu Pelaksanaan Prakerin/PKL
1.4  Tujuan Pelaksanaan Prakerin
1.5  Manfaat Prakerin/PKL
1.6 Invenentarisasi peralatan di Kantor Desa
BAB II TINJAUAN UMUM
2.1  Sejarah Singkat Desa
2.2  Visi dan Misi Desa
2.3  Struktur Organisasi
BAB III TINJAUAN KHUSUS
3.1 Kegiatan Prakerin 
3.2 Manfa`at yang dirasakan
3.3 Pengembangan/Tidak lanjut
BAB IV PENUTUP
4.1  Kesimpulan
4.2 Saran

LAMPIRAN-LAMPIRAN
 

0 Response to "Laporan PKL/Praktek Kerja Lapangan Rudini Kelas X (Sepuluh) Siswa MA Nurussyahid Kertajati di Desa Mekarjaya Tahun 2019"

Post a Comment